Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Cermin | [Bag.1] Fiksi yang Menjelma Menjadi Kisah Nyata

14 Januari 2019   12:50 Diperbarui: 14 Januari 2019   13:00 240 8 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cermin | [Bag.1] Fiksi yang Menjelma Menjadi Kisah Nyata
Sumber: lifestyle.okezone.com

Adakah di antara fiksianer pernah mengalami kejadian aneh, yakni mengalami peristiwa semirip dengan kisah yang 'pernah' ditulisnya? 

Saya--iya! Baru-baru ini mengalaminya. 

Masih ingat cerpen saya yang berjudul Get Solution?  Yup. Cerpen itu saya tulis dalam rangka ikut serta meramaikan event yang diadakan oleh Kompasiana beberapa bulan lalu. 

Ada kejadian lucu. Awalnya saya tidak tahu jikalau sedang digelar event. Saya baru ngeh ketika membaca cerpen milik Mas Mahendra Paripurna. Saya sempat kaget beberapa saat. Ini tulisan kok mirip betul sama tulisan Mas Ikrom Zain, ya? Batin saya kala itu. Dipenuhi rasa curiga pula. Wah, jangan-jangan ini copas!

Meluncurlah saya ke hati, eh, ke WA Mas Ikrom. Saya japri dia. Dengan menggebu-gebu saya bilang begini,"Tuh, ada yang meniru-niru tulisanmu, Mas!"

Dan alangkah malunya saya ketika Mas Ikrom menjelaskan duduk persoalannya sambil terkikik. Bahwa itu bukan copas. Melainkan sedang ada event menulis di K yang tokoh dan setting-nya sudah diatur sedemikian rupa oleh penyelenggara lomba.

Sembari menyembunyikan wajah di balik bantal, dalam hati saya berulang kali meminta maaf kepada Mas Mahendra. Duh, semoga saja beliau memafkan saya. Saya khilaf sudah berburuk sangka padanya.

Kembali ke event menulis Generasi Solutif Kompasiana. 

Setelah mendapat pencerahan dari Mas Ikrom, saya pun meluncur ke TKP lomba. Mengintip lalu mempelajari syarat dan ketentuan yang disodorkan oleh admin. Dan adrenalin menulis saya seketika terpacu. Mata saya terbelalak. Hidung saya kembang kempis. Apalagi setelah membaca kisah yang sudah di posting oleh para peserta. Wuuaah, ini event keren dan seru! 

Malam itu juga saya ngebut menulis. Siap menuangkan imajinasi dengan penuh semangat. Dan tentu saja mengikuti aturan bermain yang sudah ditetapkan.

Kisah petualangan. Terjebak di dalam hutan. Terdapat beberapa karakter tokoh beragam. Dan kejadian-kejadian tidak terduga lainnya, sungguh sebuah tantangan menulis yang amat sangat menyenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN