Mohon tunggu...
Elfa Zhanung Gutama
Elfa Zhanung Gutama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar / Mahasiswa

Saya seorang mahasiswa, Memiliki hobi berolahraga, traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

UML (Unified Modelling Language)

28 Maret 2023   00:04 Diperbarui: 28 Maret 2023   00:13 2034
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  • Apa yang dimaksud dengan UML ?

UML merupakan bahasa yang telah distandarisasi yang digunakan untuk memodelkan suatu sofware atau sistem. UML berperan sebagai bahasa yang memberikan vocabulary dan tatanan penulisan kata untuk kegunaan komunikasi. UML bisa dikatakan sebuah bahasa model yang mempunyai aturan penulisan serta secara fisik yang menjelaskan sebuah sistem.

  • Apakah UML (Cont'd) itu ?

Sebuah bahasa standart untuk pengembangan sebuah sistem yang dapat menyampaikan bagaimana membuat dan membentuk model-model, tetapi tidak dapat menyampaikan kapan dan apa model yang seharusnya dibuat. UML bukan saja merupakan bahasa visual saja, namun juga dapat secara langsung dihubungkan ke berbagai bahasa pemrograman, seperti :

  • JAVA, C++,
  • Visual Basic atau bahkan dihubungkan secara langsung kedalam OODB.
  • Pendokumentasiannya seperti requirement, arsitektur, design, source code, project plan, test dan prototype.
  • Asal usul UML 

Awal mula pendekatan analisa dan rancangan menggunakan model OO diperkenalkan sejak 1970-akhir 1980. Perkiraan jumlah yang menggunakan metode OO mulai diuji coba dan diaplikasikan antara tahun 1989 hingga tahun 1994. OOSE (Object Oriented Software Engineering) oleh Grady Booch dari Rational Software Co, dan James Rumbaugh dari General Electric yang dikenal dengan OMT (Object Modelling Language) Standarasisasi -> UML (Oktober 1994)UML di standarisasi oleh OMG (Object Management Group)

  • Use Case Diagram

Deskripsi sebuah fungsi yang disediakan oleh sistem dalam bentuk teks sebagai dokumentasi/keterangan dari use case symbol. Selain itu use case diagram menjelaskan dan menerangkan kebutuhan yang diinginkan oleh user. Menggambarkan urutan interaksi antara satu atau lebih aktor dan sistem. Tujuannya adalah terciptanya sebuah use case diagram yang diperlukan aktor, dimana aktor tersebut mempresentasikan seseorang yang berinteraksi dengan sistem.

  • Contoh Use Case

7 Contoh Use Case Diagram

  • Class Diagram Menggambarkan struktur statis class dalam sistem. 

Class memiliki 3 area pokok, yaitu : 

  • Nama
  • Atribut
  • Metoda Atribut, metode dapat mempunyai beberapa sifat, diantaranya private (tidak dapat dipanggil dari luar class), Protected(hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya) dan Public (dapat dipanggil siapa saja)
  • State Diagram

Dokpri
Dokpri

Menggambarkan semua state yang dimiliki oleh suatu object dari suatu class dan kejadian yang menyebabkan state berubah.Meliputi seluruh pesan dari object yang dapat mengirim dan menerima.Skenario mempresentasikan satu jalur yang melewati sebuah state transition diagram.Jarak waktu antara dua pesan yang dikirim oleh suatu object mempresentasikan sebuah state.

  • Sequence Diagram

Dokpri
Dokpri

Menggambarkan interaksi antara sejumlah object dalam urutan waktu.Berguna untuk menunjukan rangkaian pesan yang dikirim antar object dan interaksi antar object.Digambarkan dengan segi empat yang berisi nama dari obyek yang digarisbawahi.

  • Activity Diagram

Dokpri
Dokpri

Menggambarkan rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi.Mempresentasikan bisnis juga workflow operasional dalam suatu sistem.Activity diagram merupakan variasi dari state diagram yang mana 'state' merepresentasikan operasi dan transisinya merepresentasikan aktivitas yang terjadi pada saat operasi sudah selesai.

  • Kesimpulan UML 
  • Mempermudah para analis dan programmer untuk melakukan forward maupun reverse engineering.
  • Memudahkan meta model, sehingga pembacaan alur sebuah aplikasi dapat dipermudah.
  • UML merupakan notasi visual untuk menggambarkan konsep berorientasi object yang menjadi standar dalam proyek berorientasi object.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun