Mohon tunggu...
Ageldon
Ageldon Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Digital

Kesiapan Infrakstruktur Indonesia dalam Pengimplementasian Jaringan 5G

3 Desember 2021   13:10 Diperbarui: 15 Desember 2021   12:59 133 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Abstrak: Jaringan 5G merupakan jaringan generasi terbaru yang sudah menjadi fokus utama di beberapa negara, termasuk Indonesia. Kesiapan infrastruktur diperlukan  dalam mengimplementasi jaringan 5G yang memiliki manfaat di berbagai bidang seperti IoT, mobil swakemudi, dan robotik. 

Pengimplementasian jaringan 5G menjadi tantangan yang besar di berbagai negara termasuk Indonesia, dimana diperlukan infrastruktur yang kompleks dan juga adanya regulasi dalam mengontrol pemanfaatan jaringan 5G di Indonesia agar tidak terjadi penyalahgunaan teknologi

Sasaran utamanya adalah mengembangkan infrastruktur teknologi jaringan yang ada di Indonesia dan membentuk regulasi yang dapat mengatur masyarakat. Kesiapan infrastruktur  Indonesia dalam teknologi jaringan 5G masih dalam tahap awal dimana ditandai dengan pembangunan Palapa Ring yaitu sebuah proyek besar yang dapat mendukung pengimplementasian jaringan 5G di Indonesia. 

Kata Kunci: jaringan 5G, infrastruktur, implementasi jaringan

 

Pendahuluan

Perkembangan teknologi seluler di Indonesia saat ini tergolong tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Indonesia saat ini telah menerapkan jaringan 4G yang masih memiliki beberapa masalah yang berkaitan dengan kecepatan akses data dan perihal masalah lainnya yang sulit diselesaikan dengan teknologi 4G. 

Dengan adanya masalah-masalah tersebut akhirnya memicu adanya penelitian terhadap jaringan generasi kelima yang diharapkan bisa menyelesaikan masalah-masalah saat ini. 

Saat ini sudah ada negara yang mulai mengkaji kemungkinan pengimplementasian jaringan 5G. Maka dari itu, Indonesia tidak boleh tertinggal dan harus mengambil langkah secepatnya untuk menyiapkan infrastruktur yang ada guna menunjang pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Untuk mengejar negara-negara yang telah mengkaji tentang penerapan teknologi 5G, Indonesia perlu memetakan kebutuhan-kebutuhan untuk mengimplementasi teknologi 5G. Dengan pemetaan kebutuhan tersebut, Indonesia memiliki persiapan yang matang di saat memulai pemerataan teknologi 5G nantinya. 

Sebagaimana yang disampaikan oleh (Admaja, 2015) bahwa  "Terkait dengan masalah teknologi, dapat dipastikan bahwa Indonesia akan kalah bersaing dengan negara yang telah maju apabila riset baru memulai dari sekarang tetapi apabila hal tersebut dikaitkan dengan kondisi spesifik (unik) di Indonesia maka dapat menjadi masukan dalam forum internasional, dimana negara yang memiliki kondisi yang menyerupai dapat mengadopsi kebijakan yang disusun oleh Indonesia". 

Mengutip dari kominfo,go,id sejak Mei 2021, layanan komersial jaringan telekomunikasi 5G telah hadir di 9 kota atau wilayah aglomerasi yang ada di Indonesia, yaitu (1) Denpasar; (2) Medan; (3) Batam; (4) Balikpapan; (5) Surabaya; (6) Bandung; (7) Makassar; (8) Jabodetabek; dan (9) Surakarta. Hal ini menandakan Indonesia telah siap untuk memulai implementasi jaringan 5G di beberapa kota besar. Ini merupakan langkah awal yang baik untuk pemerataan jaringan 5G ke seluruh wilayah Indonesia kedepannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan