Mohon tunggu...
Elang Salamina
Elang Salamina Mohon Tunggu... Serabutan

Ikuti kata hati. Itu saja...!

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Anies Paling Apes Dibanding Ganjar dan Ridwan Kamil, Fadli Zon Galau Tingkat Dewa

2 Januari 2021   11:52 Diperbarui: 2 Januari 2021   20:01 2261 44 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anies Paling Apes Dibanding Ganjar dan Ridwan Kamil, Fadli Zon Galau Tingkat Dewa
IDNTimes


TANPA menafikan nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, sejauh ini ada tiga kepala daerah provinsi yang digadang-gadang paling berpeluang maju Pilpres 2024. Dan, ketiganya berada di Pulau Jawa. 

Ketiga nama kepala daerah dimaksud adalah, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Sedangkan satunya lagi yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Tidak dipungkiri, ketiga gubernur di atas adalah nama-nama yang kerap wara-wiri di jajaran top elektabilitas hasil jajak pendapat beberapa lembaga survei tanah air. Anies, Ridwan dan Ganjar hampir tidak pernah keluar dari lima besar bersama Menhan Prabowo Subianto dan Menparekraf baru, Sandiaga Uno. 

Siapa yang paling memiliki peluang paling besar diantara ketiga kepala daerah tersebut untuk maju pilpres? Pertanyaan ini menarik, tentunya. 

Merujuk pada beberapa hasil survei terakhir, Ganjar Pranowo pasti paling potensial. Elektabilitas politisi PDI Perjuangan (PDI-P) tersebut kerap nangkring di posisi puncak. Termasuk hasil survei terakhir SMRC yang dirilis bulan Desember 2020. Pria kelahiran Karanganyar, 28 Oktober 1968 meraup angka 15,7 persen. Disusul Prabowo 14,9 persen dan Anies Baswedan 11 persen. Sedangkan Ridwan Kamil berada urutan kelima dengan 7,1 persen. 

Kendala satu-satunya yang dihadapi Ganjar datang dari sikap partainya sendiri. Sejauh ini partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut masih lebih mengedepankan Puan Maharani. Jamak, mengingat Ketua DPR RI periode 2019-2024 ini merupakan 'putri mahkota' yang memiliki trah sukarno. 

Kendati demikian, bila elektabilitas Puan istiqomah di papan bawah dan Ganjar teru melejit, sepertinya PDI-P tidak ingin berjudi. Mereka akan lebih memilih calon dengan peluang menang lebih besar. 

Dan, bukan tak mungkin nama Puan selama ini dicuatkan sebagai calon kuat dari PDI-P maju Pilpres 2024 hanya bagian dari strategi politik saja. Dalam hal ini, Ganjar sengaja disimpan agar tekanan politik yang datang terhadapnya tak terlalu kuat. Tidak ditebang atau ditebas di tengah jalan oleh calon-calon lawan politiknya. 

Biarlah serangan itu dialamatkan terhadap putri sulung Megawati Soekarnoputri saja. Sementara Ganjar tetap adem ayem sambil terus menyusun rencana dan kekuatan. 

Nama Ridwan Kamil pun cukup memiliki peluang besar maju Pilpres 2024, meski elektabilitasnya tidak sementereng Anies, Prabowo, bahkan Ganjar. Namun, Kang Emil---sapaan akrab Ridwan Kamil terlebih dahulu harus bekerja keras meraih simpati publik dan mendapat kepercayaan partai politik.

Perlu diingat, masa jabatan Kang Emil bakal habis pada tahun 2023. Dan, dipastikan tidak ada Pilkada pada tahun tersebut. Artinya, pasca jabatannya habis, dia bakal kembali menjadi warga biasa alias tidak memiliki panggung politik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN