Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Hidup Indah dengan Menulis dan Berbagi

Penulis Sejarah, Budaya, motivasi dan sastra. Pegiat Kampung Sejarah dan Kampung Nila Slilir. Pegiat Sejarah dari Museum Reenactor Ngalam di Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Spirit Hari Kemenangan

13 Mei 2021   21:08 Diperbarui: 13 Mei 2021   21:11 208 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Spirit Hari Kemenangan
Spirit hari kemenangan dokpri Eko irawan

Ramadan usai setelah malam takbiran. Menggema dikolong langit jagat. Bersyukur untuk nikmat bulan penuh berkah. Semoga Tahun depan lebih baik, dalam kisah yang lebih bermakna.

Sampailah dihari kemenangan. Menang dari apa. Menang untuk siapa. Bukan sekedar kue lebaran. Bukan berdesak mencari baju baru. Atau kisah gagal mudik. Atau liburan dirumah saja karena pandemi. Atau meriahnya kembang api dan petasan.

Tapi, Kembali ke fitrah. Kembali memaknai hidup. Bukan sekedar boleh makan siang hari, karena sudah tak puasa. Bukan sekedang ajang pamer busana baru. Bukan pula sekedar minta maaf. Tapi besok menebar kebencian lagi. Kita belum menang. Tapi kita tidak kalah.

Esok masih harus berjuang. Fitrah ini hanya lembar baru. Tak perlu panik dengan yang lalu. Tapi mau menang macam apa, esok hari.

Spirit hari kemenangan. Bukan untuk lalai dan bersenang senang. Masih banyak rasa kalah yang belum menang. Itu harus diperjuangkan.

Malang, 13 Mei 2021

Oleh Eko Irawan

VIDEO PILIHAN