Mohon tunggu...
Eko Akmal
Eko Akmal Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

universitas negeri padang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Membentuk Kepribadian Siswa

6 Desember 2021   00:58 Diperbarui: 6 Desember 2021   01:26 234 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Saat ini, sering kita jumpai para siswa yang memiliki karakter yang kurang baik seperti siswa yang melakukan buliying di sekolah,siswa yang ikut tawuran, siswa yang merokok di sekolah, siswa yang  bolos ketika jam belajar dan karakter-karakter yang tidak baik lainnya. 

Hal ini menjadi permasalahan yang serius bagi kelangsungan dan kemajuan bangsa karena para siswa tersebut akan menjadi penerus bangsa pada masa yang akan datang. 

Jika karakter yang tidak baik ini dibiarkan begitu saja maka, karakter yang kurang baik itu akan mendoiminasi sifat siswa tersebut saat dewasa. 

Untuk itu, perlu adanya pendidikan karakter yang berguna untuk mendidik dan membina karakter dan kepribadian para siswa menjadi pribadi yang lebih baik.

Pendidikan karakter merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh manusia untuk mendidik dan membina serta membangun suatu karakter seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, meciptakan manusia yang bermoral, berakhlak mulia, inovatif, cerdas, berjiwa nasionalisme. 

Pendidikan karakter sangat penting di dalam dunia pendidikan karena sejatinya pendidikan itu tidak hanya sebagai transfer ilmu tetapi juga untuk membangun karakter yang baik. 

Karakter yang baik sangat diperlukan untuk membentuk pribadi siswa yang baik, jujur, menghormati orang lain, toleransi, religius, peduli sesama, cintah tanah air, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, dan lain sebagainya.

Pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan dengan cara mengajarkan para siswa contoh karaker yang baik, pentingnya karakter yang baik dan bagaimana implementasi karakter yang baik dalam kehidupan. 

Selain dengan melakukan pengajaran di kelas para guru dapat juga mencontohkan secara langsung bagaimana karakter yang baik melalui sikap dan perbuatannya di sekolah karena guru adalah teladan bagi siswanya, para guru dapat juga mebuat metode pembelajaran pembiasaan karakter yang baik di sekolah seperti membaca doa sebelum belajar, piket kelas, gotong royong, membiasakan para siswa untuk saling menghormati dan pembiasaan karakter baik lainnya.

Dengan adanya pendidikan karakter di sekolah maka, kepribadian para siswa akan menjadi lebih baik, menjadikan siswa lebih bijaksana,  lebih tangguh dalam mengatasi masalah, menjadi pribadi yang memiliki integritas,  bermoral, berakhlak mulia, memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dan menjadikan para siswa menjadi generasi penerus yang memiliki karakter yang baik dan memiliki pengetahuan yang luas untuk nantinya bisa diimplementasikan bagi kemajuan bangsa. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan