Mohon tunggu...
Eki Tisna Amijaya
Eki Tisna Amijaya Mohon Tunggu... ex-Policy Maker

I am a futurist and strategist

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Pasca Jokowiforia, Kyai Tua NU Menaklukan Youtube

24 Juni 2019   09:56 Diperbarui: 24 Juni 2019   10:21 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pasca Jokowiforia, Kyai Tua NU Menaklukan Youtube
Dokpri

Ketika tanggal dan bulan belum menunjukan Bulan April, semua masyarakat yang mengerti tentang kontestasi politik terjun dan mengulik smartphone yang dimiliki masing-masing. Semua percakapan politik dengan bekal informasi seadanya yang dicomot dari media sosial dijadikan oleh masyarakat kita bahan debat. 

Berdebat menjadi pengganti makanan sehari-hari, persis minimal 3 kali sehari. Komentar bernada mendukung dan mengajak berseliweran di media sosial. Entah di laman komen Instagram Influencer yang berasal dari kedua kubu, baik yang resmi ataupun abal-abal. Atau juga di group - group Facebook. 

Dan tak kalah senyap di Whatsapp Group yang katanya untuk kalangan terbatas. Semua informasi baik yang Hoax atau yang benar berseliweran di Internet, baik yang berlangganan premium berkoneksi dahsyat, sampai dengan yang cuma bermodal paket data murah harian. Penulis pun mencoba menahan diri untuk tidak menulis hal tentang politik sampai dengan Pemilu selesai.

Tapi ada fenomena yang tak kalah asyik. Pasca Pemilu, umat Islam dihadapkan ke bulan Ramadhan dimana mereka mesti menahan diri dari berbuat yang jahat, disamping berpuasa di siang hari tentunya. Di tengah suasana pasca Pemilu yang sempat menimbulkan kerusuhan (tapi dengan cepat dipadamkan), Umat Islam Indonesia mesti mencari siraman ruhani instan ditengah kesibukannya bekerja. 

Rupanya murid-murid Kyai-Kyai mahsyur dari NU paham bahwa ini adalah kesempatan untuk menghalangi umat dari informasi-informasi tanpa dasar seputar agama Islam. Dengan niat dakwah yang mesti menyentuh segala kalangan dan isinya yang sejuk dan tidak memecah belah umat. Kyai-kyai NU ini mempunyai channel Youtube resmi (sebagian ada yang sudah lama) yang dikelola oleh murid-muridnya. 

Walaupun lahir ditengah keluarga NU, penulis bukanlah orang yang sangat paham agama, tapi dengan ilmu penulis di bidang Bisnis Manajemen, penulis berkesimpulan bahwa tayangan Youtube dan kemasan nya yang di-marketing-kan dengan apik, membuat penulis berkesimpulan:

Dakwah Kyai NU di Youtube adalah Pemenang Pemilu Non Partai

Mengapa demikian, karena penulis melihat dengan basis NU yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, umat Islam disana menjadi sumber kemenangan Jokowi yang gilang gemilang. Lalu siapakah Kyai -Kyai NU yang sekarang sedang naik daun di Youtube?

1. Buya Syakur Yasin

Nama Lengkap: KH. Syakur Yasin, M.A

Channel Youtube Resmi: KH Buya Syakur Yasin MA sejak 6 Mei 2017

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x