Mohon tunggu...
Eka Wulandari
Eka Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka Menulis Opini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN BTV 3 Universitas Jember Wujudkan The Hasanah Florist Go Digital And Innovation

26 Agustus 2021   09:58 Diperbarui: 28 Agustus 2021   10:34 361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN Back To Village (BTV) 3 Universitas Jember (https://unej.ac.id/) memiliki beberapa program yang sangat bermanfaat, salah satunya yaitu "Program Pemberdayaan Kewirausahaan Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19". Melalui program tersebut, mahasiswa KKN diharapkan dapat membantu masyarakat yang mendirikan atau memiliki usaha untuk bangkit melawan pandemi covid-19. 

Salah satu wirausaha yang menjadi sasaran KKN BTV 3 Universitas Jember adalah UMKM "The Hasanah Florist". The Hasanah Florist merupakan salah satu UMKM yang bergerak pada bidang perdagangan barang. 

The Hasanah Florist adalah toko yang menyediakan berbagai jenis bunga dan aksesoris bunga, turus, pupuk organik dan media tanam. The Hasanah Florist terletak di Desa Kedungmoro, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang. 

Pada masa pandemi covid-19, The Hasanah Florist menjadi salah satu UMKM yang terdampak negatif pandemi ini. Menurut Cak Heri, selaku pemilik dari The Hasanah Florist menuturkan bahwa sejak adanya pandemi covid-19, pendapatan The Hasanah Florist mengalami penurunan yang sangat signifikan hingga 75%. 

Menurut Cak Heri, hal tersebut dikarenakan minat konsumen yang menurun, penjualan hanya dilakukan secara offline dan tidak dapat melakukan pengiriman bunga ke stand bunga lain atau ke luar kota. 

Dokpri
Dokpri

Melalui wawancara yang dilakukan oleh mahasiswa KKN BTV 3 Universitas Jember bersama Cak Heri, yang dilanjutkan penyusunan program KKN, yaitu program digitalisasi marketing dan inovasi hampers tanaman hias pada The Hasanah Florist. Program digitalisasi marketing adalah program yang memanfaat kan media sosial sebagai alat promosi dan penjualan produk. 

Program tersebut adalah pelatihan pembenahan lokasi The Hasanah Florist pada Google maps, pembuatan website, pembuatan instagram dan facebook bisnis. 

Digitalisasi penting untuk diterapkan, berdasarkan berita yang dilansir oleh kompas, pengguna internet Indonesia pada tahun 2021 mencapai 202 juta jiwa, serta saat ini masyarkat lebh menyukai berbelanja melalui online daripada melalui offline. Minat masyarakat berbelanja online dikarenakan lebih praktis dan dapat memutus angka penyebaran covid-19. Berikut merupakan hasil penerapan program kerja KKN BTV 3  Universitas Jember pada pembuatan website The Hasanah Florist: 

https://thehasanahflorist.business.site/
https://thehasanahflorist.business.site/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun