Mohon tunggu...
Eka Rahmawati
Eka Rahmawati Mohon Tunggu... Writer

Tidak ada kepuasan dalam belajar, seperti hal nya setiap tulisan saya semuanya adalah proses saya dalam belajar. Segala bentuk kritik dan saran yang membangun untuk setiap tulisan saya, saya akan sangat berterima kasih.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

7 Kiat Sukses Kuliah Sambil Kerja di Solo

7 Desember 2020   13:56 Diperbarui: 29 April 2021   10:34 864 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Kiat Sukses Kuliah Sambil Kerja di Solo
Tips kuliah sambil kerja. | bsi.ac.id

Menempuh pendidikan di bangku kuliah tentu bukan hal yang mudah apalagi saat melakukannya sambil berkarir. Tentunya sekolah dengan kuliah sangat berbeda. Waktu belajar yang lebih fleksibel membuat kamu dapat kuliah sambil kerja.

Kuliah sambil kerja tentunya bukan hal yang mudah. Kamu harus tetap fokus bekerja dan kuliah serta menyelesaikan semua tugas kuliah. Walau demikian, bukan tidak mungkin kuliah sambil kerja dapat dilakukan. Kamu tetap dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu sambil berkarier.

Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja di Kota Solo

Sebagian besar orang, memiliki tujuan untuk berkarier, setelah menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Namun, tidak ada salahnya untuk Kuliah sambil kerja. Agar kamu dapat sukses di pekerjaan dan dibangku kuliah, simak beberapa tips berikut:

1. Komunikasikan dengan Perusahaan

Ketika kamu akan menempuh kuliah sambil bekerja, alangkah lebih baik jika kamu mengkomunikasikannya kepada perusahaan. Hal itu akan membantu kamu ketika harus mengikuti ujian baik UTS maupun UAS.

Selain itu, kamu mungkin akan membutuhkan waktu tertentu untuk melaksanakan bimbingan dan sidang skripsi. Mengkomunikasikan dengan perusahaan sejak awal, akan membantu kamu lebih mudah untuk meminta izin di saat tertentu sehingga terhindar dari bolos kerja.

2. Pilih Kampus Terbaik

Agar kamu dapat kuliah sambil bekerja, tentunya dengan memilih kampus yang tepat. Saat ini kamu dapat menemukan kampus yang menyediakan kelas karyawan. Hal itu tentu akan memudahkan kamu untuk dapat kuliah tanpa mengganggu jam kerja.

Pada kampus yang menyediakan kelas karyawan, kamu dapat mengambil kuliah di sore hari saat setelah pulang kerja. Selain itu, kamu juga bisa mengambil jadwal kuliah pada hari jumat dan sabtu. Jika kamu bekerja di Kota Solo, maka kamu dapat menemukan kampus terbaik untuk kuliah sambil kerja.

Salah satu kampus yang membuka kelas karyawan adalah Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Solo. Kamu dapat memilih waktu belajar yang fleksibel. Selain itu, hanya dengan mendownload aplikasi M-PMB UBSI, kamu bisa memperoleh informasi dan melakukan pendaftaran secara onlinen dengan mudah, sehingga tidak perlu datang ke kampus.

3. Hindari Stres

Kuliah sambil kerja tentu akan menyita banyak waktu kamu. Pastikan kamu selalu berfikir positif dan lakukan semuanya dengan baik. Upayakan untuk menghindari stress dengan memotivasi diri untuk dapat selesai kuliah tepat waktu.

Agar dapat terhindar dari stress, kamu juga perlu menyediakan waktu untuk refreshing. Mempertahankan prestasi kerja juga dapat membantu kamu untuk terhindar dari berbagai masalah di tempat kerja yang dapat menimbulkan stress.

4. Mempertahankan Nilai Kuliah

Tekad kuliah sambil kerja yang tertanam sejak awal akan menjadi motivasi untuk terus mempertahankan nilai kuliah. Ikuti setiap kuliah, kerjakan semua kuis dan tugas dari dosen tepat pada waktunya. Hindari keterlambatan mengumupulkan tugas dan mengikuti ujian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x