Mohon tunggu...
Eka Ayu Puji Lestari
Eka Ayu Puji Lestari Mohon Tunggu... Pejuang Toga 👩‍🎓

Jadilah yang terbaik dari yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pengertian Filsafat Realisme dan Tokoh Aliran Realisme

7 April 2020   08:35 Diperbarui: 7 April 2020   09:00 97 1 0 Mohon Tunggu...

Bismillahirrahmanirrahim

Pengertian Filsafat Realisme ialah pandangan bahwa objek-objek indera adalah real dan berada sendiri tanpa di sandarkan, tanpa pengetahuan lain atau kesadaran akal. 

Realisme merupakan salah satu pemikiran aliran klasik yang di sandarkan kepada aries toteles yang memandang dunia dalam tema material. Realisme berpandangan bahwa hakikat realitas ialah fisik dan juga ruh yang bersifat hal fisik dan rohani (dualitas).

Pengetahuan di dalam dunia pendidikan tidak hanya terletak pada objek saja tetapi juga pada subjeknya. Pada prinsipnya realisme memandang hakikat wujud/nyata/realitas terdiri atas dunia fisik dan rohani (dualitas). Realisme di dalam dunia pendidikan memiliki prinsip dan tujuan untuk memberikan perhatian kepada peserta didik yang apa adanya, untuk menyesuaikan hidup dan tanggung jawab sosial. 

Realisme sangat memandang dalam sebuah pendidikan, karna realisme sendiri memiliki memiliki tujuan didalam pendidikan yaitu dengan mengembangkan kemampuan intelektual, dan ingin memfokuskan pendidikan pada pencarian kebenaran melalui persamaan terhadap dunia fisik atau informasi yang berubah-ubah. Agar dapat mengatasi situasi terkini dengan membekali kemampuan agar dapat memecahkan masalah yang ada saat ini. 

Implikasi dalam filsafat pendidikan ialah halnya seperti setiap manusia memiliki identitas tersendiri dan memiliki bakat tersendiri yang sudah di tentukan. 

Tokoh Aliran Realisme  

° Johan Amos memiliki pemikiran tokoh terhadap pendidikan, dan dapat di golongkan pada realisme religius yaitu tentang manusia harus berusaha untuk mencapai dua tujuan antara keselamatan dan kebahagiaan, dan juga keadaan kehidupan yang sejahtera. 

° Francis Bacon sesuai dengan dasar filosofis realisme bahwa kebenaran ada pada obejk yang bisa diukur dan di uji. Semua kebenaran harus di ketahui secara pasti dan di simpulkan, di bandingkan, dipakai sebagai satu-satu dasar bagi suatu kesimpulan atau pengetahuan. 

°John Locke memaparkan kebenaran bersifat metafisik dan universal ialah bahwa metafisik adalah cabang filsafat yang membahas tentang permasalahan yang sebagai sesuatu yang ada dan universal artinya umum. Seperti konsep kemanusiaan adalah konsep yang di percayai. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x