Mohon tunggu...
Eka Nurwidya Anita S
Eka Nurwidya Anita S Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Gemar Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN UPI 2022 Melakukan Sosialisasi Inovasi Teh Kombucha kepada Ibu-Ibu PKK RW 04 Negla, Bandung

9 Agustus 2022   11:42 Diperbarui: 9 Agustus 2022   11:56 138 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa Kelompok 19 KKN UPI 2022 bersama Ibu-ibu PKK dan Ketua RW 04 Negla (Dokpri)

Teh Kombucha merupakan teh seperti pada umumnya, perbedaannya terletak  jamur Scooby  yang dimasukkan ke dalam air tehnya sehingga rasa pada air teh akan asam. Namun sangat disayangkan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui akan keberadaan serta manfaat teh Kombucha ini. 

Hal ini pun menjadi perhatian Mahasiswa kelompok 19 grup 2 KKN Tematik UPI 2022 untuk menyebarkan informasi manfaat teh Kombucha ini, salah satunya melalui sosialisasi Inovasi teh Kombucha di RW 04 Negla. 

Pada Sosialisasi teh Kombucha ini Mahasiswa mengundang Ibu-Ibu PKK RW 04 Negla untuk hadir pada acara sosialisasi yang dilaksanakan di Aula RW 04 Negla, Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung pada hari Sabtu (30/07/2022). 

Presentasi yang dilakukan oleh Mahasiswa kelompok 19 KKN UPI 2022. (Dokpri)
Presentasi yang dilakukan oleh Mahasiswa kelompok 19 KKN UPI 2022. (Dokpri)
Pada kegiatan sosialisasi ini Mahasiswa KKN UPI 2022 kelompok 19 grup 2 mempresentasikan mengenai pengertian, kandungan, alat dan bahan pembuatan, langkah-langkah pembuatan, serta hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan dari teh Kombucha. 

Tidak ketinggalan, Mahasiswa juga mempresentasikan manfaat serta indikator keberhasilan dari teh Kombucha ini. Presentasi ini dipresentasikan oleh tiga mahasiswa yaitu Drania Aaliyah Salsabiil, Cicilia Tiara dan Linda Nurizzatunnisa.

Demonstrasi pembuatan teh Kombucha oleh Mahasiswa Kelompok 19 KKN UPI 2022. (Dokpri)
Demonstrasi pembuatan teh Kombucha oleh Mahasiswa Kelompok 19 KKN UPI 2022. (Dokpri)

Sesi selanjutnya, Mahasiswa memberikan kesempatan kepada Ibu-ibu PKK untuk bertanya terkait teh kombucha ini. Dilanjut demonstrasi pembuatan teh Kombucha sekaligus testimoni  dengan meminum teh Kombucha yang telah disediakan Mahasiswa kepada Ibu-ibu PKK. Demonstrasi ini didemonstrasikan oleh dua mahasiswa yaitu Fara Alyamentika Indira dan Syaidan Walid Hizbulhadi. 

Selain mendemonstrasikan, Mahasiswa juga memberikan bibit jamur Scobby secara gratikepada ibu-Ibu PKK RW 04 Negla sehingga dapat membuat teh Kombuchanya sendiri di Rumah. Kegiatan ini diakhiri dengan dokumentasi bersama Mahasiswa kelompok 19 grup 2 KKN Tematik UPI bersama Ibu-Ibu PKK dan Ketua RW 04 Negla.

Monitoring teh Kombucha oleh Mahasiswa kelompok 19 KKN UPI di salah satu rumah Ibu PKK (Dokpri)
Monitoring teh Kombucha oleh Mahasiswa kelompok 19 KKN UPI di salah satu rumah Ibu PKK (Dokpri)

Eitsssss, Kegiatannya tidak berakhir sampai disitu saja sobat Kompasiana. Mahasiswa juga melakukan monitoring teh Kombucha ini dengan mengunjungi ke setiap rumah Ibu-ibu PKK RW O4 Negla pada hari Kamis (4/08/2022). Monitoring ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan serta keberhasilan dari fermentasi teh Kombucha milik Ibu-ibu PKK RW 04 Negla.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan