Mohon tunggu...
Eka KusumaWardani
Eka KusumaWardani Mohon Tunggu... Guru - Guru TK Global Andalan

Pribadi yang sangat menyukai anak-anak, senang belajar hal baru dan menyukai suasana pantai

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal Melalui Kegiatan Ecoprint

17 November 2022   17:28 Diperbarui: 17 November 2022   18:04 413
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Anak usia dini sesuai dengan keunikan perkembangan dan pertumbuhanya maka penyelanggaraan pendidikan anak disesuaikan dengan tahapan-tahapan perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Pentingnya pendidik dan orangtua mengoptimalkan seluruh aspek perkembangannya dengan stimulai yang tepat. Menstimulasi perkembangan anak usia dini melalui berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. 

Melalui kegiatan pembelajaran diyakini dapat memotivasi anak untuk mengoptimalkan potensi, mengembangkan kreativitas, dan mendorong adanya penemuan keilmuan dan teknologi yang inovatif. Anak yang kreatif bisa menciptakan sesuatu berdasarkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya. Kreativitas memerlukan proses,  Ibarat tanaman kreativitas pun perlu di pupuk di siram dan di rawat agar bisa tumbuh subur. 

Disini lah peran orang tua dan pendidik untuk membantu anak-anak mengoptimalkan potensi kreatifnya sejak dini sebagai bekal bagi mereka melalui suatu zaman yang berada dari sekarang. Oleh sebab itu penting memberikan kegiatan-kegiatan bermain sambil belajar yang menyenangkan bagi anak salah satunya melalui kegiatan Ecoprint. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan membatik menggunakan bahan-bahan alam yang ada disekitar lingkungan kita. Adapun alat dan bahan yang digunakan diantaranya: Palu, kain katun warna putih, kapur, cuka dan tumbuhan yang ada dilingkungan sekolah.

Kegiatan Ecoprint ini dapat dilakukan disekolah maupun dirumah dengan alat dan bahan yang sederhana orangtua maupun pendidik dapat menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak usia dini diantaranya:

1. Aspek Nilai Agama dan Moral

Melalui kegiatan Ecoprint dapat membiasakan diri kepada anak untuk selalu merawat dan menyanyangi tanaman yang ada dilingkungan sekitar, dengan tidak merusak atau memotong bagian tanaman secara sembarangan

2. Aspek perkembangan kognitif

Melalui kegiatan Ecoprint dapat menstimulasi perkembangan kognitif, dimana anak dapat membedakan jenis dan ukuran daun yang akan digunakan. Membedakan ciri-ciri, tekstur daun, dan bagian-bagian dari tumbuhan. Artinya dengan kemampuan kognitif ini anak dapat mengeksplorasikan tumbuhan, serta berbagai benda yang ada disekitarnya sehingga mereka dapat memperoleh berbagai pengetahuan

3. Aspek perkembangan motorik

Melatih koordinasi mata dan tangan anak melalui kegiatan Ecoprint dimana anak menjiplak daun dengan memukul menggunakan palu agar daun dapat menempel dengan sempurna pada serat-serat kain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun