Mohon tunggu...
Eka Auliannia
Eka Auliannia Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswi Universitas Jember

seorang mahasiswi yang masih ingin menuntut banyak ilmu diluar sana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Daring Melalui Pengenalan Aplikasi

28 Agustus 2021   13:49 Diperbarui: 28 Agustus 2021   14:22 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di masa pandemi ini, banyak hal yang berubah terutama dari sisi pendidikan juga ikut berubah. Salah satu kebijakan di bidang pendidikan yang dilakukan adalah pembelajaran jarak jauh atau biasa dikatakan pembelajaran daring / online. Dalam kasus ini, siswa dan guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan handphone atau laptop melalui media yang telah di sepakati sebelumnya. Siswa dan guru dituntut untuk bisa menguasai teknologi yang bisa menunjang pembelajaran daring. Namun bukan hanya siswa dan guru, karena orang tua juga harus menguasai teknologi sehingga bisa mendampingi siswa dalam pembelajaran daring. Sehingga dengan adanya hal tersebut, banyak orang tua yang mengeluh dikarenakan minimnya pengetahuan mengenai teknologi dan lebih memilih hanya untuk mendampingi siswa disaat kesulitan dalam Pekerjaan Rumah (PR).

Dengan kasus yang telah dijabarkan mengenai terhambatnya pembelajaran daring akibat minimnya pengetahuan teknologi maka disini saya membuat kegiatan untuk mengenalkan aplikasi penunjang pembelajaran daring, tujuan saya melakukan kegiatan tersebut adalah untuk membantu siswa dan orang tua untuk bisa mengerti dalam penggunaan aplikasi penunjang pembelajaran daring sehingga siswa mampu melakukan pembelajaran daring secara efektif. Hasil yang saya harapkan dari kegiatan ini adalah siswa mampu melakukan pembelajaran daring dengan efektif dan orang tua juga dapat mendampingi siswa dalam pembelajaran daring tanpa ada keluhan mengenai teknologi penunjang pembelajaran daring.

Lokasi yang akan saya gunakan untuk melakukan kegiatan pengenalan aplikasi penunjang pembelajaran daring ini di Jalan Kyai Wahid Hasyim gang II RT.02 RW.08, Kelurahan Tompokersan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Saya memilih lokasi ini karena banyak terdapat orang tua dari siswa Sekolah Dasar (SD) yang memiliki keluhan mengenai minimnya pengetahuan aplikasi penunjang pembelajaran daring, sehingga dengan hal tersebut saya akan menjalankan kegiatan pengenalan aplikasi penunjang pembelajaran daring di lokasi tersebut.

Adapun tahapan kegiatan yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

  • Kegiatan perijinan daerah, dalam kegiatan ini saya melakukan perijinan kepada RT RW di lokasi kegiatan kemudian setelah mendapatkan surat ijin maka surat tersebut di berikan kepada kantor kelurahan sebagai surat pengantar ke kantor bangkesbangpol. Setelah mendapatkan surat ijin dari bangkesbangpol, surat diserahkan kembali ke kantor kelurahan.
  • Kegiatan diskusi permasalahan dan program kegiatan, kegiatan ini dilakukan bersama orang tua dan siswa dengan mendiskusikan mengenai masalah yang dialami siswa dan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring, setelah itu barulah saya menjabarkan mengenai program kegiatan yang akan dilakukan mulai dari tujuan kegiatan sampai manfaat yang dirasakan oleh siswa dan orang tua.
  • Kegiatan pembuatan materi, disini saya mencari tahu mengenai aplikasi penunjang pembelajaran daring yang umum digunakan oleh siswa sehingga saya bisa menjelaskan mengenai aplikasi penunjang pembelajaran daring yang biasa digunakan oleh siswa dan dapat dimengerti oleh siswa itu sendiri. Dari tahapan kegiatan ini saya memutuskan untuk menjelaskan mengenai aplikasi pembelajaran daring yaitu goggle classrom, goggle meet dan zoom; kemudian aplikasi penyimpanan yaitu goggle drive; dan yang terakhir aplikasi pembelajaran mandiri yaitu zenius, ruang guru dan rumah belajar
  • Kegiatan menjelaskan aplikasi penunjang pembelajaran daring, dalam kegiatan ini saya menjelaskan mengenai pentingnya mengetahui penggunaan dari aplikasi penunjang pembelajaran daring, disini saya akan menggunakan media power point sebagai media pembantu dalam kegiatan saya untuk menjelaskan  mengenai macam-macam aplikasi penunjang pembelajaran daring.
  • Kegiatan praktik aplikasi penunjang pembelajaran daring, dalam kegiatan ini saya akan melakukan praktik mengenai berbagai aplikasi penunjang pembelajaran daring yang sebelumnya telah saya jelaskan, saya akan menggunakan media handphone yang sebelumnya telah saya unduh mengenai aplikasi penunjang pembelajaran daring yang dibutuhkan. Disini saya akan menjelaskan sekaligus mempraktikkan mengenai pembuatan akun di masing-masing aplikasi kemudian beralih ke menu-menu yang tersedia di dalam aplikasi.

Dengan kegiatan tersebut dilangsungkan siswa dan orang tua dapat mengerti mengenai macam-macam aplikasi penunjang pembelajaran daring dan cara menggunakannya langsung melalui media sehingga dapat membantu proses pembelajaran daring agar efektif

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun