Mohon tunggu...
Egi Sukma Baihaki
Egi Sukma Baihaki Mohon Tunggu... Blogger|Aktivis|Peneliti|Penulis

Penggemar dan Penikmat Sastra dan Sejarah Hobi Keliling Seminar

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Kolaborasi WhatsApp dan Indonesia dalam Mensosialisasikan Keamanan Digital

1 Desember 2019   18:20 Diperbarui: 2 Desember 2019   10:10 74 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kolaborasi WhatsApp dan Indonesia dalam Mensosialisasikan Keamanan Digital
Sesi Foto Bersama Seluruh Pihak dalam Peluncuran Program Literasi Privasi dan Keamanan Digital. Dok. Pribadi

Apakah Anda tahu apa itu data pribadi?
Seberapa pentingkah data pribadi bagi Anda?
Sudahkah Anda tahu bahwa data pribadi Anda bisa diolah dan dimanfaatkan oleh orang lain termasuk untuk kejahatan?

Beberapa pertanyaan yang penulis ungkap di atas rasanya penting dan pasti akan muncul saat ada pembahasan mengenai data pribadi. Pada praktiknya, hampir dapat dikatakan bahwa sekarang hampir semua orang sudah membuka data pribadinya untuk publik atau khalayak umum baik secara sadar atau pun tidak.

Buktinya adalah kehadiran media sosial yang di dalamnya memuat informasi pribadi berupa identitas diri pemilik, lokasi, foto hingga kegiatan sehari-hari yang dilakukannya bisa dengan mudah diketahui dan menjadi konsumsi publik.

Widuri, Plt. Direktur Eksekutif ICT Watch. Dok. Pribadi
Widuri, Plt. Direktur Eksekutif ICT Watch. Dok. Pribadi
Apakah pembaca juga sadar selama ini saat menginstal sebuah aplikasi, kita kerap kali diminta untuk mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan oleh aplikasi baik berupa nama, alamat, email, nomor handphone, foto, dan lain sebagainya, bahkan tidak jarang meminta terakses dengan kontak di HP pengguna.

Atau pernahkah saat berbelanja, Anda diminta untuk mengisi kuisioner, atau ada pramuniaga yang datang menghampiri dan menawarkan agar Anda mengisi data tertentu  dengan iming-iming hadiah berupa pulpen?

Selama data itu dilindungi dan aman, maka mungkin tidak akan menimbulkan masalah. Tetapi bagaimana jika data pribadi kita diketahui oleh orang lain, lantas dimanfaatkan until tujuan tertentu. Di era digital ini, data merupakan informasi penting yang dibutuhkan banyak pihak. 

Oleh sebab itu, banyak negara bahkan dunia internasional telah menerapkan aturan untuk melindungi data pribadi.

Pentingnya data pribadi ini bahkan sudah disadari oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR tahun 2019, ia menyampaikan bahwa data merupakan kekayaan dan sumber daya baru di Indonesia bahkan dunia yang perlu dilindungi.

rps20191127-101025-5de20467d541df116f037cb2.jpg
rps20191127-101025-5de20467d541df116f037cb2.jpg
Lantas mengapa data pribadi kita perlu dilindungi? Sekarang sebagai pengguna sebagian orang mungkin belum khawatir dan belum merasakan pentingnya untuk melindungi data pribadi mereka, padahal data pribadi di era digital ini penting untuk dilindungi agar tidak dimanfaatkan orang lain terutama jika dimanfaatkan untuk kejahatan yang bisa berdampak kepada pemilik data pribadi itu sendiri.

Beberapa contoh pemanfaatan data pribadi yang tidak disadari adalah pernahkah Anda menerima kiriman pesan berupa promosi mengenai beragam hal mulai dari event, produk terbaru, promo makanan-minuman hingga jasa pinjaman online?

Kiriman pesan tersebut sebenarnya adalah salah satu contoh kecil dari pihak yang memanfaatkan data pribadi kita yang mereka miliki berupa nomor HP yang mungkin secara sadar atau tidak pernah kita berikan. Sehingga data itu kemudian mereka olah untuk mengirimkan dan memberitahu kita mengenai produk mereka.

Sayangnya, tidak semua data pribadi kemudian aman dan dimanfaatkan untuk sesuatu yang baik. Data pribadi bahkan dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN