Mohon tunggu...
Efrem Siregar
Efrem Siregar Mohon Tunggu... Menulis dari balik tembok

Bahasa dan Sastra Prancis | Bulan Juni, fokus ulas Euro dan Copa America Twitter: @efremsiregar

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Darien Gap, Wilayah Mematikan yang Membuat Jalan Raya Amerika Utara-Selatan Menjadi Buntu

27 Mei 2021   16:38 Diperbarui: 27 Mei 2021   18:08 567 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Darien Gap, Wilayah Mematikan yang Membuat Jalan Raya Amerika Utara-Selatan Menjadi Buntu
Imgiran melintas di Darien Gap. (Foto: UNICEF/Moreno Gonzalez)

Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan adalah benua yang disatukan dalam daratan besar. Meski demikian, orang-orang tidak bisa leluasa membawa kendaraan mereka mengelilingi benua Amerika melalui jalur darat.

Penduduk di benua Amerika sebenarnya disatukan lewat jalan raya Pan American (Pan-American Highway). Tetapi, faktanya, jalan tersebut tidak sambung-menyambung.

Perjalanan dari Amerika Serikat hanya dapat mencapai Panama. Pengemudi akan menemui jalan buntu di Yaviza, Panama. Sebaliknya, orang dari Argentina menyetir kendaraannya mentok sampai di Kolombia.

Pan-American Highway terputus di Darien Gap, kawasan Taman Nasional berupa hutan hujan di perbatasan Panama-Kolombia. Di sini, tidak ada jalan, kecuali melalui laut. Panjang wilayah Darien Gap sekitar 100-160 km.

Lokasi Darien Gap dari Google Maps.
Lokasi Darien Gap dari Google Maps.

Masyarakat adat masih bertahan dengan kearifan lokal

Dalam sejarahnya, Darien Gap adalah pemukiman pertama orang Spanyol ketika sampai di Amerika pada 1510. Bangsa Skotlandia tertarik pula mendirikan pemukiman di sana pada 1698, tetapi bersusah payah menghadapi serangan penyakit dan perlawanan dari Spanyol, mengutip laporan BBC.

Jika menyimak sejarah pendudukan, seharusnya kolonialisasi memberikan peradaban di Darien Gap. Sayangnya, tidak. Tempat ini masih terisolasi. Suku-suku asli pedalaman tetap mempertahankan lingkungan asli mereka.

Proyek jalan raya dibatalkan karena alasan lingkungan dan khawatir penyebaran penyakit gigi dan mulut dari ternak

Dengan kemajuan teknologi sekarang, pembangunan jalan raya Pan-American Highway di Darien Gap seharusnya menjadi proyek yang mudah dilakukan.

Keuntungannya, keberadaan jalan raya bakal meningkatkan perdagangan dan perekonomian antarnegara di Amerika Utara dan Selatan.

Amerika Serikat telah menyepakati komitmen pendanaan pembangunan jalan raya pada 1973 sebesar 7,8 juta USD melalui kerja sama dengan Panama dan Kolombia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x