Mohon tunggu...
Efrem Siregar
Efrem Siregar Mohon Tunggu... Menulis dari balik tembok

Bahasa dan Sastra Prancis | Ex reporter ekonomi dan pemerintahan | Kadang menyuarakan kepentingan Asosiasi Perusahaan dan Kadin Twitter: @efremsiregar

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Deretan Menteri SBY yang Kini Menjadi Menteri Jokowi

28 Desember 2020   21:20 Diperbarui: 28 Desember 2020   21:42 405 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Deretan Menteri SBY yang Kini Menjadi Menteri Jokowi
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Kementerian PPN/Bappenas)

Pada 22 Desember 2020, Presiden Jokowi mengganti 6 menteri Kabinet Indonesia Maju. Menariknya, di antara enam orang tersebut, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menempati jabatan yang pernah ia pegang di periode pemerintahan SBY.

Pemilihan menteri adalah hak prerogatif Presiden, pertimbangannya beragam, baik karena alasan politik maupun ukuran kemampuan sang menteri untuk mengeksekusi tugas-tugas teknis yang diberikan oleh Presiden Jokowi.

Bekerja di bawah kepemimpinan dua Presiden tentu memiliki nuansa berbeda, terlebih warna partai kedua Presiden ini berlainan, SBY dari Demokrat dan Jokowi dari PDI Perjuangan.

Terlepas dari warna partai, para menteri yang berpengalaman di periode pemerintahan berbeda tentunya akan memudahkan mereka menyesuaikan diri dengan administrasi dan birokrasi pemerintahan. Pengalaman juga yang membantu mereka tanggap untuk mengenali dan mengantisipasi masalah yang dihadapi saat ini.

Dan M. Lutfi bukan satu-satunya menteri di bawah pemerintahan Jokowi yang pernah menjabat sebagai menteri di kabinet era SBY. Siapa saja menteri SBY yang sekarang mendampingi Jokowi? Berikut ini daftarnya.

1. Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Tribunnews/Lendy Ramadhan)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Tribunnews/Lendy Ramadhan)

Nama Sri Sri Mulyani Indrawati tampaknya sangat dikenal luas masyarakat Indonesia. Ia boleh dikatakan adalah senior di antara menteri Indonesia Maju karena telah menjabat sebagai menteri selama 12 tahun sejak era SBY.

Sri Mulyani kali pertama dilantik SBY menjadi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas pada 2004, tahun terakhir Arsenal menjuarai Liga Primer Inggris ketika masih diperkuat Thiery Henry dan Robert Pires.

Di sana, Sri Mulyani hanya bertahan satu tahun karena harus bergesar ke posisi baru, menjadi Menteri Keuangan pada 7 Desember 2005. Posisi ini cukup lama ia pegang di era Kabinet Indonesia Bersatu sampai SBY yang terpilih sebagai Presiden hasil pemilihan 2009 menunjuknya kembali mengisi pos Menteri Keuangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN