Mohon tunggu...
Efrain Limbong
Efrain Limbong Mohon Tunggu... Jurnalis - Mengukir Eksistensi

Menulis Untuk Peradaban

Selanjutnya

Tutup

Sosok Artikel Utama

Keterpilihan Komeng dan Tugas Senator di Senayan

20 Februari 2024   15:33 Diperbarui: 28 Februari 2024   20:00 910
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Komeng, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat di Pemilu 2024. Sumber: Youtube Abdel Achrian via KOMPAS.com

Dari sekian banyak calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), keterpilihan Komeng untuk masuk ke Senayan sebagai Senator, paling menyita perhatian publik tanah air.

Komeng dipastikan melenggang ke Senayan mewakili Provinsi Jawa Barat sebagai Senator, setelah perolehan suaranya tertinggi dari daerah tersebut. Berdasarkan rekap KPU pertanggal 20 Februari 2024, perolehan suaranya sebesar 1,8 juta  (14 persen).

Sebagai seorang komedian yang terpilih mewakili konstituennya, publik bertanya-tanya akankah seorang Komeng dapat menggemban tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Senator nantinya.

Mengingat sebagai Senator, dibutuhkan kecakapan komunikasi politik serta keseriusan dalam menyuarakan dan memperjuangkan kepentingan konstituen dan daerah. Serta dalam menjalin interaksi dan komunikasi dengan mitra kerja dan multi stakeholder.

Jika nantinya sudah ada keputusan resmi dari KPU dan dilantik pada bulan Oktober 2024, maka Komeng akan masuk dalam lingkup kerja dan tugas yang membutuhkan penguatan referensi sebagai seorang Senator.

Tentu konstituen akan berharap Komeng menjadi Senator yang membawa wana baru di Senayan, mewakili daerah Jawa Barat. Juga Senator yang amanah dalam mengemban tanggung jawab yang diberikan. 

Berdasarkan ketentuan pasal 22D UUD 1945 dan tata tertib DPD RI, bahwa sebagai lembaga legislatif mempunyai fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran yang dijalankan dalam kerangka fungsi representasi.

Para calon DPD yang terpilih akan mengemban tugas sebagai Senator di Senayan. Dokumentasi Pribadi
Para calon DPD yang terpilih akan mengemban tugas sebagai Senator di Senayan. Dokumentasi Pribadi

Lalu apa saja tugas konstitusional yang akan diemban seorang Senator saat menjabat selama lina tahun di Senayan?

Rapat Kerja Komite

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun