Mohon tunggu...
Een Nuraeni
Een Nuraeni Mohon Tunggu... pekerja sosial

"Orang yang tidak menulis, tidak punya sejarah"

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kenapa Harus Menikah?

13 Juli 2020   21:39 Diperbarui: 13 Juli 2020   22:00 23 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenapa Harus Menikah?
dokumentasi pribadi

Setiap orang normal yang sudah dewasa pasti mendambakan adanya pasangan hidup. Semakin hari hati merasa hampa, kosong dan merasa ada yang kurang dalam dirinya. Terlebih jika teman-teman, kerabat ataupun tetangga yang usianya tidak terpaut jauh dari kita sudah banyak yang berumah tangga dan memiliki momongan. Rasanya 'Nyes' di hati, ada perasaan 'ingin' juga seperti mereka semua. Perasaan-perasaan seperti ini pasti akan menganggu ketenangan dalam diri, sekuat apapun kita coba tutupi dan kita sembunyikan.

Perasaan itu adalah fitrah dan normal. Karena semua ciptaan Allah fitrahnya diciptakan berpasangan dan hanya Allah yang tidak berpasangan, ini merupakan salah satu tanda kebesaran Allah. Manusia belum lengkap ketika belum bersama pasangannya. Wajar saja jika merasa ada yang 'kurang' dalam hidupnya ketika belum mendapatkan pasangan hidup. Belum ada yang melengkapi hidupnya. Belum bisa meraih ketenangan (sakinah) dalam hidupnya.

Tapi kenapa sih kita harus menikah? Buat apa?

Pertanyaan dasar yang mengharuskan kita kembali ke dasar juga. Dasar pencipataan manusia. Tujuan Allah SWT menciptakan kita di dunia ini. Tujuan kita hidup di dunia ini. Tugas kita di dunia ini. Semuanya harus berkaitan dan semuanya harus kita pahami agar tidak salah memilih jalan menuju tujuan akhir kita hidup di dunia ini. Agar tidak ada penyesalan dalam mengambil keputusan.

Allah SWT menciptakan manusia untuk beribadah kepadanya. Bentuk ibadah ada sangat banyak, ibadah ritual dan ibadah sosial, ada yang wajib dan ada yang sunah, dari yang sulit sampai yang paling mudah, dari yang sebentar sampai yang sangat lama.

Sholat, puasa, zakat, infak, sedekah, menikah, berhaji, umroh, berdoa, berbagi ilmu, berbakti pada orang tua, menolong orang lain, tersenyum adalah bentuk-bentuk ibadah, dan masih banyak lagi tentunya. Kalau kita lihat, semua bentuk ibadah yang Allah perintahkan tidak ada yang 'merugikan' manusia. Semuanya itu jika dilakukan akan memberikan banyak kebaikan dan keuntungan untuk kita. Semua yang diperintahkan Allah adalah untuk kebaikan hambaNya.

Kehidupan ini hanyalah ujian dari Allah untuk melihat siapa dia yang taat dan siapa dia yang tidak mau taat pada perintah/aturan Allah. Siapa yang berfikir dan siapa yang tidak berfikir.

Menikah adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah. Harusnya pernyataan ini sudah cukup menjawab pertanyaan 'kenapa harus menikah?'.

Tapi kenyataannya,  pernyataan ini sering sangat 'klise' keluar dari mulut kita yang kurang ilmu ini. Tanpa tahu makna dan bagaimana cara menjadikan sebuah pernikahan menjadi sebuah bentuk Ibadah kepada Allah.

Allah SWT memberikan tugas kepada manusia untuk memelihara dan memakmurkan bumi beserta isinya. Cara memelihara bumi adalah dengan menjadi orang baik dan menjadikan banyak orang baik. Semakin banyak orang baik di muka bumi ini, semakin baik orang-orang yang tinggal di dalamnya akan semakin baik bumi ini jadinya. Bebas dari manusia-manusia tamak dan bodoh yang merusak dan mengotori bumi ini.

Bagaimana caranya menjadikan bumi ini baik? Caranya dengan mengajak orang untuk menjadi baik dan menciptakan generasi yang baik. Melahirkan anak-anak yang soleh dan solehah yang akan memakmurkan bumi ini. Anak-anak yang akan menyejukan bumi ini, yang santun, cerdas dan berakhlak mulia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x