Mohon tunggu...
Edy Suhardono
Edy Suhardono Mohon Tunggu... Social Psychologist, Assessor, Researcher

Direktur IISA Assessment Consultancy and Research Centre, Surabaya. Tiga buku terakhir nya: (1) 'Membaca Identitas, Multirealitas dan Reinterpretasi Identitas: Suatu Tinjauan Filsafat dan Psikologi' (Gramedia Pustaka Utama, 2023); (2) 'Teori Peran, Konsep, Derivasi dan Implikasi di Era Transformasi Sosio-Digital' (Zifatama Jawara, 2025), dan (3) 'Kecerdasan Jamak, Keberagaman dan Inklusivitasnya' (Zifatama Jawara: 2025).

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pidato Prabowo Di Mabes PBB: Antara Script dan Spirit

23 September 2025   10:09 Diperbarui: 23 September 2025   10:00 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Presiden Prabowo Subianto di KTT Solusi Dua Negara Palestina-Israel di Markas Besar PBB. (YouTube United Nations/Kompas.com, 23/09/2025).

Dalam dunia politik, meramal pidato bukan sekadar menebak diksi, melainkan membaca arah angin ideologis dan psikologis sang pemimpin. Artikel prediktif Edy Suhardono di Kompasiana (2025) mencoba menangkap denyut retoris Prabowo sebelum ia melangkah ke mimbar PBB. Dan ternyata, sebagian besar prediksi itu bukan hanya tepat sasaran, tapi juga nyaris preskriptif: dari harapan akan solusi dua negara, hingga posisi Indonesia sebagai juru damai global.

Namun, seperti semua prediksi, ada celah. Pidato Prabowo yang disiarkan oleh Kompas.com (23 September 2025) menyebut tragedi Gaza secara eksplisit---dengan angka korban, penderitaan anak-anak, dan seruan kemanusiaan yang tidak terdeteksi dalam prediksi awal. Ini bukan sekadar tambahan data, tapi pergeseran nada: dari diplomasi lunak ke keberanian moral. Dalam studi Political Rhetoric and Moral Framing oleh Lakoff (2004), disebutkan bahwa penyebutan konkret penderitaan adalah strategi untuk membangun kredibilitas moral dan menghindari kesan abstrak.

Prediksi juga tidak menangkap bahwa Prabowo akan berbicara dalam bahasa Inggris penuh, sebuah pilihan simbolik yang menunjukkan kesiapan tampil sebagai aktor global. Menurut The Language of Leadership oleh Hart (2010), penggunaan bahasa internasional dalam forum multilateral bukan sekadar teknis, tapi juga sinyal bahwa pemimpin siap bermain di panggung besar. Maka, meski prediksi menangkap kerangka besar, ia melewatkan nuansa performatif yang memperkuat ethos pidato.

Mengapa Prediksi dan Realitas Bertemu

Kesesuaian antara prediksi dan realisasi pidato Prabowo bukanlah kebetulan, melainkan hasil kalkulasi psikopolitik yang matang. Prabowo, yang selama ini diasosiasikan dengan gaya militeristik, tampil sebagai figur reflektif dan empatik. Dalam The Political Mind (Lakoff, 2008), dijelaskan bahwa pemimpin yang mampu menggeser narasi dari kekuasaan ke empati akan lebih diterima dalam konteks global. Prabowo tampaknya membaca buku itu, atau setidaknya memahami logikanya.

Dalam komunikasi politik, pidato tersebut adalah contoh strategi ethos building yang ciamik. Ia tidak menggurui, tidak mengancam, tapi mengajak. Menurut Strategic Political Communication oleh Kaid & Holtz-Bacha (2006), pemimpin yang mampu menggabungkan logika, emosi, dan kredibilitas akan lebih efektif dalam membangun konsensus. Prabowo menyebut penderitaan Gaza, tapi tidak menyudutkan Israel secara eksplisit---sebuah manuver diplomatik yang menunjukkan kehati-hatian sekaligus keberanian.

Yang menarik, pidato ini juga menunjukkan bahwa Prabowo memahami pentingnya framing. Ia tidak bicara soal konflik, tapi soal solusi. Ia tidak bicara soal dendam, tapi soal harapan. Dalam Framing the Debate (Tversky & Kahneman, 1981), disebutkan bahwa cara kita membingkai isu akan menentukan respons publik. Dan Prabowo memilih bingkai yang tidak retak: perdamaian, kemanusiaan, dan masa depan.

Perspektif Multidisipliner atas Ketidaksesuaian

Namun, tidak semua prediksi menjadi kenyataan. Beberapa elemen yang diantisipasi dalam artikel Edy Suhardono tidak muncul dalam pidato resmi. Misalnya, harapan bahwa Prabowo akan menyebut reformasi struktural PBB, termasuk hak veto dan representasi Global South, ternyata absen. Mengapa? Bisa jadi karena kalkulasi diplomatik. Menurut Diplomacy and Global Governance oleh Nye (2011), pemimpin baru cenderung menghindari isu-isu yang bisa memicu resistensi dari kekuatan besar.

Dari perspektif psikolinguistik, prediksi mengasumsikan bahwa Prabowo akan tetap menggunakan gaya bahasa yang tegas dan nasionalistik. Namun, pidato aktual menunjukkan pergeseran ke diksi yang lebih universal dan empatik. Dalam Language and Power oleh Fairclough (1989), dijelaskan bahwa pemimpin yang mampu menyesuaikan gaya bahasa dengan audiens akan lebih efektif dalam membangun pengaruh. Prabowo tampaknya memilih menjadi "global statesman" daripada "domestic strongman."

Secara sosiologi politik, prediksi mengharapkan bahwa Prabowo akan menyertakan pengalaman lokal sebagai bukti komitmen moral Indonesia. Namun, pidato tidak menyentuh isu Papua, diplomasi ASEAN, atau rekonsiliasi internal. Ini menunjukkan bahwa dalam forum global, Prabowo lebih memilih narasi universal daripada partikular. Menurut Global Political Narratives oleh Appadurai (2013), pemimpin yang ingin diterima secara global harus mengangkat isu yang bersifat lintas batas, bukan hanya domestik.

Retorika, Realitas, dan Masa Depan

Pidato Prabowo di KTT PBB adalah cermin dari transformasi psikopolitik Indonesia: dari kekuatan militer ke suara moral dunia. Prediksi retoris yang mendahuluinya menunjukkan bahwa analisis editorial bisa menjadi alat navigasi politik yang tajam. Namun, dunia tidak hanya menuntut retorika, ia menuntut bukti, keberanian, dan konsistensi.

Jika Prabowo mampu menjaga nada moral ini dalam kebijakan nyata, maka Indonesia bukan hanya akan didengar, tapi juga diikuti. Tapi jika pidato itu hanya menjadi panggung sesaat, maka retorika akan kembali menjadi gema kosong. Seperti kata Churchill: "Courage is what it takes to stand up and speak; courage is also what it takes to sit down and listen." Kini, dunia menunggu: apakah Prabowo hanya berdiri, atau juga bersedia duduk dan mendengar.

 

Daftar Referensi:

Appadurai, Arjun. The Future as Cultural Fact: Essays on the Global Condition. London: Verso Books, 2013. https://books.google.com/books/about/The_Future_as_Cultural_Fact.html?id=1g6jtgAACAAJ.

Fairclough, Norman. Language and Power. London: Longman, 1989. https://archive.org/details/languagepower00fair_0.

Hart, Terry. The Language of Leadership: How to Engage and Inspire Your Team. Oakland: Berrett-Koehler Publishers, 2010. https://books.google.com/books/about/The_Language_of_Leadership.html?id=8U0IEAAAQBAJ.

Kaid, Lynda Lee, and Christina Holtz-Bacha, eds. The SAGE Handbook of Political Advertising. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2006. https://us.sagepub.com/en-us/nam/the-sage-handbook-of-political-advertising/book227468.

Lakoff, George. Moral Politics Theory: How Ideologies Are Framed by Metaphors. Rollins Pressbooks, 2004. https://rollins.pressbooks.pub/app/uploads/sites/3/2024/08/Lakoffs-Moral-Politics-Theory.pdf.

Lakoff, George. The Political Mind: Why You Can't Understand 21st-Century American Politics with an 18th-Century Brain. New York: Viking, 2008. https://archive.org/details/politicalmindwhy00lako.

Nye, Joseph S. Diplomacy and Global Governance: The Diplomatic Service in an Age of Worldwide Interdependence. London: Routledge, 2011. https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9780203793251/diplomacy-global-governance-thomas-nowotny.

Tversky, Amos, and Daniel Kahneman. "The Framing of Decisions and the Psychology of Choice." Science 211, no. 4481 (1981): 453--458. https://psych.hanover.edu/classes/Cognition/Papers/tversky81.pdf.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun