Mohon tunggu...
Edy Siswanto
Edy Siswanto Mohon Tunggu... Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PP IGVIM)

Penulis, dan pemerhati politik pendidikan. Pembelajar, berkelana mencari ilmu dan dakwah membangun generasi khairu ummah..

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tantangan Paradigma Baru Pendidikan Vokasi Indonesia, Refleksi Hari Guru Nasional Tahun 2020

25 November 2020   03:30 Diperbarui: 25 November 2020   06:02 105 2 1 Mohon Tunggu...

Hari ini tepat tanggal 25 Nopember 2020. Diperingati Hari Guru Nasional (HGN). Tepat dua bulan telah berdiri organisasi baru bidang Pendidikan vokasi, yaitu Ikatan Guru Vokasi Indonesia (IGVI).

Alhamdulillah sebagai bayi baru lahir gelombang penyambutan insan vokasiawan luara bisa. Setelah kurang lebih dua bulan mengadakan berbagai agenda kegiatan seminar, workshop online dengan jumlah peserta yang fantastis bagi ukuran orprof baru. Berbagai join kerjasama dilakukan baik dengan instansi pemerintah, swasta, dunia usaha, dunia industri, perguruan tinggi vokasi negeri maupun swasta.

Dengan ending kegiatan di bulan Nopember 2020. Seminar dan diskusi Pakar "Arah dan Paradigma Baru Pendidikan Vokasi Indonesia - Guru Tangguh Karena Kualitas, Guru Berdaya Karena Mandiri" Dalam Rangka Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020, dan Deklarasi IGVI. Bersama Narasumber berbagai pakar vokasi dari  perguruan tinggi, paraktisi, dunia usaha dan indutri, berjalan dengan sukses mulus tanpa ada halangan dan gangguan yang berarti.

Berikut adalah deklarasi Ikata Guru Vokasi Indonesia :

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan berserikat dan berkumpul adalah hak setiap warga negara. Dan, atas berkat rahmat Allah, Tuhan Yang Maha Esa serta didorong oleh keinginan luhur untuk berpartisipasi aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, maka guru pendidikan vokasi Indonesia menyatakan dengan ini untuk berhimpun dalam satu organisasi, yaitu Ikatan Guru Vokasi Indonesia (IGVI).

Bahwa IGVI sebagai organisasi independen, otonom dalam berhimpun dan berserikat memperjuangkan visi yang berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar Tahun 1945. IGVI menyatakan dengan ini, untuk turut berpartisipasi aktif, bekerjasama dengan semua pemangku kepentingan dalam membangun peradaban bangsa Indonesia yang berketuhanan Yang Maha Esa, bermoral, beretika, cerdas, mandiri di bidang pendidikan vokasi, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan.

IGVI yang merupakan tenaga pendidik vokasi yang profesional, menyadari adanya tantangan zaman yang makin kompleks dihadapi guru terkait kompetensinya, permasalahan dihadapi peserta didik dalam menyongsong masa depannya, dan Kondisi Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) yang menuntut penguasaan teknologi, keterampilan dan ilmu pengetahuan baru.

IGVI menyadari makna strategis jatidiri dan sikap, profesi, keahlian dan keterampilan turut menentukan terwujudnya Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian. Adalah suatu keniscayaan bila IGVI turut serta secara profesional dalam melahirkan insan muda yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, bernalar kritis, kreatif, mandiri, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

Kemudian, guna mencapai cita-cita luhur IGVI, maka disusunlah suatu pedoman dalam bentuk Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Serta Program Kerja. Yang merupakan tata aturan dan rencana Organisasi. Serta Pakta Integritas untuk komitmen aktif sebagai pengurus IGVI.

HGN tahun ini, dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia sejak Maret 2020. Setiap kali memperingati HGN selalu diingatkan, momentum instropeksi diri untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan profesionalisme. Menjadi bahan tema setiap tahunnya. Peringatan hari HGN bukan hanya seremonial belaka.

Pada Kamis, 19 November 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud) menerbitkan Surat Edaran (SE) dengan nomor 115583/MPK.A/TU/2020 berisi pedoman peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2020 di tengah masa pandemi COVID-19 ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN