Mohon tunggu...
Hardiyanti Kusuma Wardhani
Hardiyanti Kusuma Wardhani Mohon Tunggu... Lainnya - Creative Writer | Mandala Enthusiast

Saya percaya bahwa selalu ada sesuatu yang baru untuk ditemukan dan setiap pengalaman adalah kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Membangun Masa Depan Bersama

5 Juni 2023   12:02 Diperbarui: 5 Juni 2023   12:24 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Ketut Subiyanto, Pexels

Dalam hubungan romantis, ada banyak aspek penting yang perlu diperhatikan. Salah satu hal yang telah saya pelajari dari pengalaman pribadi saya adalah pentingnya membahas kondisi keuangan dengan pasangan sebelum menikah. 

Saya ingin membagikan pandangan saya tentang mengapa saya mempertimbangkan keterbukaan keuangan dalam hubungan berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Dalam hubungan yang sehat, kepercayaan dan keterbukaan sangat penting. Saya percaya bahwa dengan membuka kondisi keuangan kepada pasangan, kita membangun dasar yang kokoh untuk masa depan bersama. 

Saat saya memutuskan untuk membuka kondisi keuangan dengan pasangan saya, kami dapat memahami situasi keuangan masing-masing dan merencanakan keuangan secara bersama-sama. Kami dapat menetapkan tujuan bersama seperti membeli rumah atau menabung untuk pendidikan anak di masa depan. Dalam hal ini, keterbukaan keuangan memberi kami kesempatan untuk membangun visi yang sama tentang kehidupan yang ingin kami jalani.

Saya juga menganggap penting untuk menghindari kejutan finansial di masa depan. Dalam hubungan sebelumnya, saya mengalami konflik yang muncul karena masalah keuangan yang tidak terungkap. Ketika pasangan saya dan saya memutuskan untuk membuka kondisi keuangan, kita dapat meminimalkan risiko konflik tersebut. 

Dengan saling memahami kondisi keuangan satu sama lain, kami dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi tantangan keuangan bersama. Keterbukaan memberi kami kesempatan untuk menghadapi masalah dengan solusi yang lebih baik, sehingga meningkatkan keharmonisan dan stabilitas hubungan kami.

Dalam beberapa kasus, orangtua mungkin memberikan uang kepada kita. Ketika kita memutuskan untuk membuka tabungan masa depan bersama pasangan, penting untuk mempertimbangkan pandangan orangtua. 

Dalam pengalaman saya, orangtua saya merasa senang dan mendukung keputusan saya. Mereka melihatnya sebagai langkah yang bertanggung jawab dalam merencanakan masa depan keuangan kami bersama pasangan. Namun, setiap situasi akan berbeda. Jika uang yang diberikan oleh orangtua mempunyai tujuan khusus atau makna sentimental, kita perlu berdiskusi dengan orangtua dan mencapai pemahaman yang saling menguntungkan.

Menurut pandangan saya, membuka kondisi keuangan, merencanakan pembelian aset bersama, dan menabung secara teratur adalah keputusan penting yang harus dipertimbangkan oleh setiap pasangan.

 Berdasarkan pengalaman pribadi saya, keterbukaan keuangan memberikan kepercayaan, memfasilitasi perencanaan bersama, dan menghindari kejutan finansial yang tidak diinginkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun