Mohon tunggu...
Edy Prasetya
Edy Prasetya Mohon Tunggu... Auditor - Generasi Muda

saya adalah seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemerataan Kualitas Pendidikan di Indonesia

29 Januari 2020   12:30 Diperbarui: 29 Januari 2020   13:07 302
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: m.fokusriau.com

                Sumber: m.fokusriau.com

Pendidikan adalah hal penting untuk memajukan bangsa dan merupakan pondasi utama untuk menjadikan bangsa yang maju. Dari Pendidikan bisa melahirkan generasi penerus yang berkualitas dan Indonesia salah satu negara yang masih memiliki permasalahan dalam dunia pendidikan.

Masalah pendidikan masih sering dijumpai terutama di daerah pedalaman yang tertinggal di Indoneisa, khususnya didaerah timur yang sarana dan prasarananya kurang dan juga kurangnya tenaga pengajar. 

Penyebab lainnya juga terdapat pada mutu Pendidikan yang diberikan seperti masalah efesiensi, efektivitas, standarisasi pengajaran, dan kreatifitas para pendidik dalam membimbing kurang tepat untuk menjadikan kualitas Pendidikan yang baik. 

Permasalahan lain juga terdapat pada penetapan kurikulum yang dimana pemerintah dibidang Pendidikan menetapkan kurikulum berdasarkan pengetahuan pemerintah tanpa mengetahui kebutuhan masyarakat yang ada. Kualitas Pendidikan seharusnya menjadi fokus utama pemerintah untuk menunjang keberhasilan para peserta didik di berbagai daerah.

Sudah banyak program pemerintah yang dilakukan untuk pemerataan kualitas pendidikan, namun tidak semua upaya yang dilakukan tersebut berhasil. Masih banyak upaya yang dilakukan pemerintah yang kurang berhasil bahkan bisa dibilang gagal dalam pelaksanaanya.

Para pendidik juga memaksakan untuk memahami dan menguasai materi dari kurikulum yang ditetapkan, tanpa mempertimbangkan materi tersebut sesuai dengan potensinya atau tidak. Hal lain juga terdapat pada biaya Pendidikan yang membuat anak di Indoneisa tidak bisa bersekolah karena memerlukan biaya untuk kebutuhan dan keperluan Pendidikan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan solusi yang dapat dilakukan yaitu mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem Pendidikan seperti sistem ekonomi yang diterapkan. Sistem Pendidikan di Indonesia sekarang, diterapkan dalam konteks sistem ekonomi kapitalisme yang berperinsip meminimalkan peran dan tanggung jawab negara dalam urusan publik, termasuk pendanaan Pendidikan. 

Pemerintah diharapkan rutin memberikan arahan dan pelatihan secara berkelanjutan sehingga pengetahuan para pendidik terus berkembang dan memberikan solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan Pendidikan seperti membangun sekolah di pelosok-pelosok negeri, menerapkan system pemerataan baik di desa maupun di kota meningkatkan sarana fisik dan fasilitas di sekolah dan mendidik siswa dengan cara mengarahkan mereka untuk lebih kreatif dalam melakukan kegiatan, memperhatikan kesejahteraan guru dan juga merata samakan guru di seluruh daerah di Indonesia. 

Pemerintah juga dapat memberikan beasiswa kepada anak yang kurang mampu untuk meringankan biaya dalam kebutuhan Pendidikan. Memberikan layanan Pendidikan gratis agar anak yang kekurangan biaya dapat sekolah, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas materi pelajaran bukan meningkatkan jam belajar yang berlebihan karena setiap pelajar memiliki kemampuan belajar yang berbeda.

Dapat disimpulkan bahwa peran pemerintah untuk pemerataan pendidikan di Indonesia belum tercapai, selain saranan fisik dan fasilitas sekolah yang belum memadai diberbagai daerah-daerah juga kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan masih kurang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun