Mohon tunggu...
EDUARDUS  JOHANES  SAHAGUN
EDUARDUS JOHANES SAHAGUN Mohon Tunggu... Administrasi - Calon Widyaiswara Perwakilan BKKBN Provinsi NTT

Saya adalah apa yang saya PIKIRKAN

Selanjutnya

Tutup

Bola

Mendukung Team "Penjajah"

20 Juni 2021   16:00 Diperbarui: 20 Juni 2021   15:59 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Euro 2021 sudah berjalan dua putaran di babak penyisihan grup. Banyak team yang menang dan kalah. jumlah poin pun sudah mulai menunjukkan team mana yang dipastikan akan lolos, maupun mana yang akan gugur. Tiket ke babak 16 besar sudah dimiliki beberapa team. termasuk team favorit saya, BELANDA. Alasan saya mendukung timnas Belanda karena saya adalah salah satu fans berat pemain klasik Ruud Van Nistelrooy. Saya menyukainya karena dia sampai sekarang menjadi pemain ke 3 sebagai pencetak Gol terbanyak sepanjang sejarah UEFA Liga Champions. Pengenalan saya pada Nistelrooy, terjadi saat saya masih duduk di bangku kelas 6 SD. saat itu, saya bermain Play Station bersama teman, dan saya langsung memilih timnas Belanda. saat itu, saya menang melawan teman saya, dan saya pun akhirnya menyukai timnas Belanda jika mau bertanding bersama teman-teman lain di PS.

Memang ini pengalaman biasa, tetapi menjadi luar bias bagi saya karena setiap kali bertading PS di mana saja, dan kapan saja, saya selalu menang jika saya memakai Timnas Belanda. itulah sebabnya saya mendukung tim yang pernah 'Menjajah' Negara kita tercinta Indonesia selama kurang lebih 3,5 abad. Sekali lagi, ini bukan soal penjajahan, tetapi soal kesukaan dan kesetiaan saya pada tim yang pernah saya pakai dalam bermain PS. Walau begitu saya bangga karena sekalipun tim ini adalah 'Penjajah', tetapi seturut sejarah, pernah Timnas Indonesia yang masih menggunakan nama Hindia Belanda mengikuti kejuaraan Piala Dunia. ya, memang itu semua berkat pemain blasteran dan pemain naturalisasi Hindia Belanda. itulah sedikit keterkaitan sejarah yang membuat saya benar-benar memfavoritkan Belanda. Tim dengan julukan 'PRIA SEJATI MEMAKAI ORANYE' adalah tim yang solid dan membanggakan. Kendati belum pernah menjadi raja dunia dalam Piala Dunia, tapi setidaknya selalu masuk di kancah Eropa dan Dunia. Saya akan selalu menjadi Pria pendukung berwarna Oranye bagi tim yang pernah ada dan berkuasa di Negara saya, dan membawa banyak hal positif dan negatif bagi bangsa tercinta.

Sepak Bola tidak pernah lepas dari Sejarah, baik itu Sejarah Manusia, maupun Sejarah Perpolitikan. Euro 2021 akan menentukan nasib setiap tim yang juara untuk berhelat lagi di Piala Dunia 2022.

Salam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun