Mohon tunggu...
Edna Noor S
Edna Noor S Mohon Tunggu... Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Mahasiswa Undip Sosialisasikan Penerapan PHBS dan Protokol Kesehatan di Kota Bekasi

15 Agustus 2020   23:34 Diperbarui: 16 Agustus 2020   00:25 46 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Mahasiswa Undip Sosialisasikan Penerapan PHBS dan Protokol Kesehatan di Kota Bekasi
Dokumen Pribadi

Bekasi (25/7/2020) -- Saat ini, pandemi Covid-19 masih belum juga berakhir. Mengingat semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19, pemerintah terus mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga kesehatan dan juga menjalankan protokol kesehatan. Kota Bekasi menjadi salah satu kota di Indonesia yang memberlakukan Adaptasi Tatanan Hidup Baru (ATHB) pada tanggal 3 Juli-2 Agustus 2020. Pemberlakuan ATBH ini diantaranya adalah dengan membuka pelayanan kesehatan, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, dan tempat kerja. Dalam pelaksanaannya, pemberlakuan ATBH ini tetap harus mengikuti protokol kesehatan dan juga pembatasan sosial di masyarakat. Protokol kesehatan yang perlu dijalankan oleh masyarakat diantaranya adalah sering mencuci tangan menggunakan sabun, menghindari menyentuh daerah wajah, menerapkan etika batuk dan bersin, menggunakan masker dengan baik dan benar, menjaga jarak 1 hingga 1,5 meter dengan orang sekitar dan menjaga kesehatan dengan berolahraga dan makan makanan yang bergizi. Kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 harus terus ditingkatkan karena dengan diberlakukannya ATBH saat ini, masyarakat mungkin mulai lengah dalam menghadapi pandemi Covid-19 dimana banyak warga yang menganggap keadaan saat ini sudah normal kembali dan mulai meremehkan situasi dan aturan yang ada.

Kegiatan KKN Tim II Universitas Diponegoro 2020 yang dilakukan di masing-masing daerah tempat tinggal mahasiswa, membuat salah satu peserta KKN di Kelurahan Pekayon Jaya berusaha mengingatkan warga khususnya kepada warga Kelurahan Pekayon Jaya untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mematuhi protokol kesehatan dengan cara melakukan sosialisasi melalui leaflet yang dibagikan bersamaan dengan pembagian sembako. Leaflet yang dibagikan kepada warga disusun senyaman mungkin untuk dibaca agar mudah dipahami. Leaflet tersebut berisi mengenai penerapan PHBS dan Protokol Kesehatan di Era Pandemi Covid-19 yang bertujuan untuk memberi edukasi dan meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat serta menerapkan protokol kesehatan sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Pembagian leaflet dan sembako ini dilakukan secara door to door ke rumah warga Kelurahan Pekayon Jaya pada tanggal 24 Juli 2020.

Leaflet Mengenai Penerapan PHBS dan Protokol Kesehatan
Leaflet Mengenai Penerapan PHBS dan Protokol Kesehatan

Leaflet Mengenai Penerapan PHBS dan Protokol Kesehatan
Leaflet Mengenai Penerapan PHBS dan Protokol Kesehatan

Respon warga Kelurahan Pekayon Jaya dengan adanya sosialisasi ini sangat baik dan positif. Banyak warga yang merasa informasi yang terdapat dalam leaflet ini sangat informatif dan menambah pengetahuan warga akan pentingnya menerapkan PHBS dan protokol kesehatan di era pandemi Covid-19 ini. Hal ini didukung oleh salah satu warga Kelurahan Pekayon Jaya, "Terimakasih banyak mbak dan juga Universitas Diponegoro yang telah memberi informasi mengenai PHBS dan Protokol Kesehatan di Era Pandemi Covid-19 ini. Sangat informatif dengan desain yang menarik sekali". Dengan dilakukannya kegiatan ini, diharapkan warga dapat taat dalam menerapkan PHBS dan protokol kesehatan di era pandemi Covid-19 ini serta warga dapat memahami aturan yang telah ditetapkan dan sadar betapa pentingnya protokol kesehatan.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Oleh: Edna Noor Salma

Editor: Yuni Dwi Hastuti

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x