Mohon tunggu...
Edith Nazaretha
Edith Nazaretha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa HI UPN "Veteran" Yogyakarta

Mahasiswa HI UPN "Veteran" Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Diplomasi Pariwisata Melalui Kampanye Wonderful Indonesia

16 Mei 2022   03:56 Diperbarui: 16 Mei 2022   03:58 2369
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.indonesia.travel


Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman suku, budaya, dan potensi alam yang indah. Hal tersebut merupakan daya tarik Pariwisata Indonesia dimata dunia. Potensi pariwisata di Indonesia mampu mengambil perhatian wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam di Indonesia seperti Keindahan Danau Toba, Kepulauan Seribu, Borobudur, Pantai-pantai di Bali, Raja Ampat, Bunaken, dan masih banyak lagi. Posisi Indonesia sebagai negara strategis dalam peta pariwisata di Asia Tenggara menempatkan Indonesia berada di urutan ke-4 dalam posisi penerimaan wisatawan mancanegara setelah Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Sangat disayangkan bahwa pariwisata di Indonesia masih cukup jauh tertinggal dibandingkan ketiga negara lainnya, padahal Indonesia memiliki potensi pariwisata yang besar. Apabila Indonesia mampu mengembangkan modal atau potensi pariwisata tersebut, Indonesia mampu mempercepat kemajuan pariwisata di Indonesia. Bukan hal yang mustahil bagi Indonesia untuk menempatkan diri di posisi pertama sebagai negara dengan penerimaan wisatawan mancanegara. Dalam mewujudkannya, negara memiliki peran untuk mengambil Langkah dalam mendukung kemuajuan pariwisata di dalam negeri.

Melihat persaingan pariwisata dan aktifitas pariwisata yang semakin global, negara harus memiliki kelebihan untuk dipromosikan. Beberapa produk wisata unggulan dapat menjadi opsi untuk meingkatkan image dan branding Indonesia. Selain itu, upaya lain yang dapat dilakukan oleh Indonesia ialah mempromosikan Indonesia melalui diplomasi pariwisata. Dalam implementasinya, diplomasi pariwisata memiliki peran yang signifikan dan menguntungkan pihak-pihak yang terkait untuk menarik perhatian masyarakat dunia dan mendorong wisatawan mancanegara untuk mengenal budaya suatu negara. Makna secara singkatnya, diplomasi pariwisata merupakan upaya mengembangkan sector pariwisata dengan aktivitas diplomasi dalam rangka memperkenalkan pariwisata negara kepada dunia Internasional.

Pariwisata dapat menjadi instrument diplomasi untuk memperkenalkan potensi negaranya di mancanegara. Dalam hal ini, diplomasi diartikan sebagai upaya hubungan luar negeri untuk menyampaikan pesan dan kepentingan negara yang menyangkut bidang politik, ekonomi, social, budaya, pertahanan dan keamanan. Berdasarkan tujuan Indonesia untuk mengembangan potensi pariwisata, Indonesia menciptakan Wonderful Indonesia sebagai bentuk promosi Indonesia dimata dunia.

Wonderful Indonesia pertama kali diluncurkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia dalam Forum Menteri Pariwisata ASEAN pada 17- 18 Januari 2011 di Kamboja. Kemudian pada tahun 2011, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia, Jero Wacik mengumumkan pergantian brand pariwisata Indonesia dari "Visit Indonesia" menjadi "Wonderful Indonesia". Hal tersebut dilakukan dengan alasan untuk menguatkan citra pariwisata di Indonesia, dimana wisatawan mancanegara tidak hanya diajak untuk berkunjung ke Indonesia atau "Visit Indonesia" melainkan diajak untuk mengagumi potensi pariwisata di Indonesia, dimana dengan kata menganggumkan atau "Wonderful" Indonesia dinilai lebih menarik dan sangat menggambarkan keatraktifan yang dimiliki oleh Indonesia.

Sebuah brand yang dimiliki mampu merepresentasikan pesan tententu yang selaras dengan nilia-nilai positif serta tujuan menciptakan merek atau brand tertentu. Dalam hal ini Wonderful Indonesia merupakan brand pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia yang mampu memperkuat identitas pariwisata Indonesia yang mengagumkan. Branding pariwisata melalui Wonderful Indonesia mengacu pada pesan bahwa alam Indonesia paling indah di dunia baik itu keindahan bawah laut, pantai, gunung, hutan, serta keanekaragaman hayati dari Sabang sampai Merauke.

Diplomasi pariwisata melalui kampanye Wonderful Indonesia yang dilakukan melalui pemerintah Indonesia dapat dilihat melalui beberapa contoh seperti:

  • Pemerintah Indonesia memproduksi sebuah film petualangan yang berjudul "Kohlanta" bekerjasama dengan produser film di Perancis. Film ini mengambarkan keindahan alam Raja Ampat di Papua Barat.
  • Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama dengan KBRI London menyelenggarakan pariwisata terbesar kedua di dunia World Tourism Market (WTM) 2012 dan memasang logo Wonderful Indonesia pada 250 taksi hitam yang menjadi ikon populer di London.
  • Pada tahun 2015, dua film pendek promosi pariwisata produksi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia memenangkan penghargaan pada International Tourism Film Festival (ITFF) of Bulgaria ke-11 yang merupakan satu-satunya festival film bergengsi dengan tema pariwisata.
  • Menteri Pariwisata Indonesia mempromosikan Wonderful Indonesia pada forum Tourism Ministerial Meeting of Countries along The Silk Road Economic Belt yang dilaksanakan di China pada2015, yang digelar oleh China National Tourism Administration (CNTA) dan United Nation World Tourism Organization (UNWTO).
  • Indonesia mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan World Rafting Championship (WRC) 2015 yang diikuti oleh 60 negara dan berlangsung di Sungai Citarik, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada 2015.

Selain itu, bentuk diplomasi pariwisata melalui kampanye Wonderful Indonesia yang dilakukan oleh pihak- pihak lain di luar pemerintahan ialah dengan berkontribusi dalam Country Branding Wonderful Indonesia di luar negeri.  Asosiasi Australia Indonesia di Flinders University dan Adelaiden City Council menyelenggarakan Indonesia Festival (Indofest). Bentuk diplomasi ini disambut baik oleh Kementerian Pariwisata Indonesia, sehingga festival ini telah merupakan festival ke-8 yang berlangsung di Gedung Seni Adelaiden, Museum Australia Selatan, Museum Migrasi dan Perpustakaan Negara pada 2015.

Wonderful Indonesia juga melakukan diplomasi pariwisata melalui social media dengan meluncurkan website resmi https://www.indonesia.travel/id/id/home untuk memudahkan pemerintah untuk mempromosikan dan mempermudah wisatawan mancanegara mengakses informasi mengenai pariwisata di Indonesia.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun