Lingkungan

Modernisasi Pertanian Hidroponik di Era Revolusi Industri 4.0

24 April 2019   17:41 Diperbarui: 24 April 2019   17:54 46 1 0
Modernisasi Pertanian Hidroponik di Era Revolusi Industri 4.0
fp.uns.ac.id

Memberi sumbangsih untuk dunia pertanian dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Saya meyakini sejak 20 tahun yang lalu, bahwa Teknologi hidroponik dan greenhouse, adalah salah satu jawaban untuk memberikan solusi terhadap kendala yang dihadapi oleh pelaku agribisnis terutama produksi sayuran,

Banyak kendala yang dihadapi oleh petani dilapangan, agar produksi sayuran tetap stabil, baik kerusakan disebabkan oleh air hujan maupun timbulnya penyakit. ditempat lain justru musim hujan sangat dinantikan oleh sebagian besar oleh petani, terutama pada petani di lahan tadah hujan.

Ke depan, peran petani hidroponik di Indonesia, akan lebih baik, Hidroponik itu, masa depan

"any plant, anywhere and  anytime"

dokpri
dokpri
Mengapa Pertanian Hidroponik dan Greenhouse ?

Ini hampir selalu merupakan pertanyaan pertama yang akan diminta oleh seorang calon usaha pertanian hidroponik. Untuk menjawab pertanyaan itu dengan gambaran yang jelas, pertama-tama kita harus melihat bagaimana yang terjadi dalam system hidroponik dan teknologi greenhouse, dan mengapa.

Budidaya tanaman di greenhouse akan memberikan perlindungan  perlindungan terhadap cuaca panas & dingin, angin dan hujan, dan memungkinkan hama dan penyakit dikendalikan secara baik. Jadi, greenhouse memungkinkan kita menanam tanaman di luar musim, serta tanaman lain yang biasanya tidak akan bertahan hidup di iklim setempat. Dibandingkan dengan pertumbuhan tanaman di tempat terbuka, greenhouse memberikan keuntungan tambahan sebagai berikut:

* Pertumbuhan lebih cepat.

* Produksi yang lebih tinggi.

* Kualitas yang lebih baik dan konsisten.

Keputusan keuangan yang dihadapi petani adalah untuk memastikan jenis teknologi hidroponik dan greenhouse yang akan memberikan tingkat pengembalian investasi yang dilakukan.

#PertanianIndonesiaMaju

dokpri
dokpri
Bagaimana greenhouse bekerja ?

Greenhouse atau rumah naungan, lebih kepada fungsi menjaga iklim mikro yang dibutuhkan oleh tanaman, dengan dukungan system yang dapat mengontrol intensitas cahaya, suhu, kelembaban, CO2 dan pemanas. Pendingin. Perangkat pendukung greenhouse akan bekerja baik secara manual atau automatis berdasarkan kebutuhan-kebutuhan budidaya tanaman dan teknologi hidroponik. Managemen ini sering kita sebut sebagai CEA atau Controlled Environment Agriculture.

Pengetahuan ini sangat penting, mengingat setiap tanaman mempunyai sifat dan kekuatan yang berbeda dalam merespon kondisi lingkungan tertentu. Jadi sangat penting bagi para petani untuk memahami cara-cara di mana sebuah greenhouse memodifikasi iklim, dan memiliki pengetahuan tentang efek yang lebih penting dari perubahan ini pada tanaman.

Berikut beberapa Teknologi Hidroponik dan greenhouse yang kami kerjakan, baik di Indonesia maupun di Luar Negeri

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri