Administrasi Supervisi Pendidikan merupakan judul buku karangan Ngalim Purwanto yang didalamnya menjelaskan supervisi itu adalah bantuan yang diberikan kepala sekolah kepada para guru dan staf sekolah lainnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Pengawasan disini bisa memberikan motivasi, bimbingan dan memberi kesempatan untuk berbagi pendidik untuk melaksanakan kelemahan baru dalam proses implementasi mempelajari pengajaran yang ada di lembaga pendidikan, memilih media pembelajaran, metode pembelajaran, serta penilaian sistematis pada semua tahapan pembelajaran yang telah dilakukan
Tujuan supervisi adalah untuk memberikan layanan dan bantuan kepada pendidik untuk meningkatkan kualitas pengajaran dengan Semoga kualitas pembelajaran para siswanya juga meningkat. Supervisi tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran seorang guru, selain situs layanan bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi yang dimiliki guru.Â
Fungsi utama pembinaan pendidikan adalah untuk meningkatkan dan meningkatkan kualitas pengajaran yang ada di suatu institusi pendidikan, baik Transeth Jane, atau Layer (dalam EncyclopediaOf EducationalResearch: ChesterHarris), menyarankan fungsi itu Poin utama dari program supervisi pendidikan adalah memberikan bimbingan terhadap program tersebut pengajaran yang telah diterapkan dengan baik, sehingga selalu ada upaya perbaikan.
Fungsi pengawasan untuk memberikan motivasi dan dukungan penuh guru dan personel yang ada di sekolah mencapai visi tersebut Jika dilihat dari fungsinya, apakah itu a kinerja seorang supervisor dalam mengembangkan kualitas sumber daya sumber daya manusia terhadap lembaga tersebut. Seorang supervisor bisa memainkan beberapa peran, dia dapat memainkan peran koordinator, konsultan, pemimpin kelompok, dan penilai.Â
Dalam menjalankan tugasnya seorang supervisor harus memegang prinsip supervisi, menurut beberapa pemahaman prinsip yang harus diandalkan oleh supervisor menjalankan tugasnya yaitu sebagai berikut:
Prinsip Ilmiah (ilmiah)
Berdasarkan prinsip tersebut dalam pelaksanaan pengawasan pendidikan harus didasarkan pada mandat obyektif yang kuat ini bisa didapat dari hasil observasi, bukan hanya cerita dan datanya valid.
Prinsip Demokrasi
Berdasarkan prinsip tersebut dalam pelaksanaan pengawasan pendidikan harus didasarkan pada musyawarah dengan semua personel sekolah. Jika masalahnya ada pada guru, maka guru juga harus terlibat dalam proses pemecahan masalah untuk membuat perjanjian antar sekolah.
Prinsip Kerja Sama
Dengan prinsip ini akan menumbuhkan rasa satu sama lain kebutuhan antara pria dan orang lain, sehingga bersifat individual bisa menjadi tekanan dan bisa melahirkan sikap lintas sektor kelompok.