Eddo Richardo
Eddo Richardo

Maju dan Terus Berusaha Lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Bola

Negeri Gajah Putih Bukan Lawan Tangguh Lagi

8 Oktober 2017   23:04 Diperbarui: 8 Oktober 2017   23:20 2416 5 2
Negeri Gajah Putih Bukan Lawan Tangguh Lagi
Kemenangan 3-0, Indonesia atas Thailand. (Dok.Pribadi)

Kemenangan tiga gol tanpa balas Garuda Nusantara atas Timnas Thailand U-19 pada laga uji coba tadi malam, Minggu (08/10/2017) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, membuktikan bahwa Negeri Gajah Putih tersebut bukanlah lawan tangguh lagi bagi Timnas Indonesia. Keangkeran Thailand sudah berhasil dilunturkan anak-anak muda besutan pelatih Indra Syafri dengan permainan apik dan konsisten tadi malam. 

Kemenangan itu juga membuktikan bahwa kekalahan Garuda Nusantara pada perhelatan Piala AFF bulan lalu di babak semifinal atas Thailand adalah karena ketidakberuntungan saja dan bukan karena kemampuan Garuda Nusantara berada di bawah Thailand. 

Kala itu, sebenarnya Egy Maulana Vikri dkk sudah mulai membuktikan bahwa Negeri Gajah putih bukanlah lawan tangguh lagi namun mereka tidak berhasil melaju ke final karena tidak dinaungi oleh dewi fortuna setelahkalah lewat drama adu pinalti walaupun sepanjang pertandingan berhasil mendominasi jalannya pertandingan. Bahkan, waktu itu juga, Garuda Nusantara sudah mulai membuktikan bahwa Negeri Gajah Putih bukan lawan tangguh lagi, karena walaupun bermain dengan 10 pemain setelah Saidil Maulana dikartu merah pengadil di akhir babak pertama, anak-anak muda Indonesia bermain spartan dan berusaha mencetak gol namun memang Dewi fortuna tak memihak pada Garuda Nusantara. 

Namun, kali ini, lewat pertandingan uji coba, anak-anak muda Indonesia berhasil membuktikan pada suporter fanatik masyarakat Indonesia dan Thailand bahwa mereka mampu mengalahkan Negeri Gajah Putih dan menegaskan bahwa mereka bukanlah lawan tangguh lagi bagi Timnas Indonesia. 

Gol pertama yang dicetak Witan Sulaeman pada akhir babak pertama mulai membuktikan tekanan yang dilancarkan Egy dkk membuat lini pertahanan Thailand kelabakan sehingga menyebabkan blunder dan dimanfaatkan dengan baik oleh Wetan untuk membuat Indonesia unggul 1-0 di babak pertama. 

Pada babak kedua, coach Indra Syafri memasukkan Saddil Maulana. Saddil yang seolah-olah ingin membayar kesalahannya pada saat ajang Piala AFF lalu setelah dikartu merah bermain luar biasa dan memberikan kontribusi positif untuk memastikan kemenangan Indonesia. 

Lewat gebrakannya, pertahanan Thailand kocar kacir dan setelah Indonesia berhasil menambah gol lewat tendangan Abimanyu pada pertengahan babak kedua, Saddil akhirnya memastikan kemenangan Indonesia lewat gol cantiknya yang menusuk lewat sayap dan melepaskan tendangan datar nan keras merobek jala Thailand untuk ketiga kalinya. 

Sujud syukur selalu dilakukan anak-anak muda Indonesia setelah mencetak gol, Negeri Gajah putih bukanlah lawan tangguh lagi dan untuk selanjutnya, Anak-anak muda Indonesia harus terus mengasah kemampuannya dalam pertandingan sehingga kembali menjadi macan Asia Tenggara bahkan bukan tak mungkin menjadi macan Asia. 

Bravo anak-anak muda Indonesia, kami bangga atas suguhan permainan aktraktifmu. Torehkan prestasi setinggi mungkin. Kemenangan akan menjadikan kalian semakin kuat dan kekalahan bukanlah suatu aib namun menjadi pelajaran untuk semakin lebih baik lagi. (**)