Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pengalaman Mendampingi Mahasiswa Menulis Artikel di Kompasiana

6 Mei 2024   06:49 Diperbarui: 6 Mei 2024   07:41 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa sedang praktik menulis (dok. pribadi).

Dalam dua tahun terakhir ini, ada dua kelas mahasiswa yang saya dampingi untuk menulis di kompasiana, yaitu mahasiswa semester empat dan mahasiswa semester enam. Mari ikuti kisahnya lebih jauh.

Pertama adalah pendampingan terhadap mahasiswa semester empat untuk mata kuliah "Penulisan Artikel dan Tajuk Rencana" yang saya ampu di Prodi Komunikasi.

Gabungkan Teori dan Praktik Menulis

Pada mata kuliah ini, banyak materi yang dibahas yang berkenaan dengan tata cara penulisan artikel dan penggunaan bahasa dan ejaan, sekaligus juga pengenalan terhadap Tajuk Rencana yang terdapat di koran-koran cetak.

Di samping menyampaikan materi mengenai teknik penulisan artikel, saya juga menghendaki mahasiswa untuk mempraktikkannya.   

Untuk ini, pertama-tama saya siapkan beberapa kata kunci untuk mereka kembangkan dan menjadi beberapa alinea yang keheren.

Saya berikan empat kata. Setiap kata saling terhubung satu sama lain.  Dari empat kata itu, para mahasiswa bertugas mengembangkannya menjadi 4 alinea. Keempat alinea itu hendaknya saling terkait satu sama lain dan disusun secara sistematis sehingga menjadi sebuah artikel pendek.

Tidak lupa saya minta mereka mengedit atau menyunting berulang-ulang draf yang sudah dibuat agar lebih baik hasilnya. Setelah diedit berkali-kali barulah dikumpul pada pertemuan berikutnya.

Dengan berbekal teori yang sudah didapat di kelas, ternyata mereka cukup mampu menyusun 4 alinea sederhana secara logis dan sistematis. Mereka bisa menempatkan kata-kata itu sebagai kata kunci atau pokok pikiran yang menjadi acuan dalam pengembangan alinea.

Pada latihan berikutnya, saya membuatkan mereka sebuah tema untuk dikembangkan. Ya, saya masih ingat, tema yang saya berikan adalah tentang "Manfaat Kemampuan Menulis bagi Mahasiswa."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun