Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Sebuah Catatan tentang Perpustakaan Bergerak

6 Juni 2022   17:26 Diperbarui: 9 Juni 2022   01:20 954 50 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Koleksi buku Perpustakaan Pelangi (Sumber gambar: Perpustakaan Pelangi.dok).

Perpustakaan Pelangi, demikian nama perpustakaan ini. Sebuah perpustakaan desa yang terletak di belahan utara Pulau Bali. Desanya bernama Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Lalu, ada apa dengan perpustakaan desa ini?

Dirintis sejak tahun 2008, kini perputskaan Pelangi sudah mencapai kemajuan pesat dengan sejumlah keberhasilan yang diraihnya. Eksistensinya tetap terjaga, bahkan semakin dibutuhkan kehadirannya oleh masyarakat desa setempat.

Kemajuan Perpustakaan Pelangi

Apa saja kemajuan yang berhasil dicapai Perpustakaan Pelangi di tengah surutnya kepedulian masyarakat dengan buku bacaan? Mari kita lihat.

Pertama, berhasil menjadi Juara Nasional

Perpustakaan Pelangi berhasil menyabet gelar Perpustakaan Desa Terbaik I Tingkat Provinsi Bali pada tahun 2017. Berlanjut kemudian mengikuti lomba yang sama di tingkat nasional dan berhasil menyabet Juara III Nasional untuk kategori Perpustakaan Desa Terbaik.

Keberhasilan yang diperoleh dengan kerja keras dengan persiapan yang memakan waktu lama ini membawa nama harum perpustakaan tersebut, membawa nama harum Desa Patas, Kabupaten Buleleng, bahkan Bali pada umumnya.

Dan, setelah capaian itu, perpustakaan yang diketuai oleh Made Purnawan, dengan Bidang Pelayanan Ayu Armini ini, tidak pernah surut berbenah dan tak pernah berhenti melayani.

Bahkan, perpustakaan ini terkadang menjadi rujukan dan kunjungan para pengelola perpustakaan di wilayah Bali. Mereka hadir untuk meminta resep bagaimana memanajemeni perpustakaan ini sehingga bisa maju pesat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan