Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Berat Badan Meroket Naik, Bagaimana Menurunkannya?

14 September 2021   06:05 Diperbarui: 14 September 2021   12:12 795 41 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berat Badan Meroket Naik, Bagaimana Menurunkannya?
Olah raga secara rutin untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan | sumber: JESHOOTS.com from Pexels

Bagaimana ya cara saya bisa menyetop kenaikan berat badan saya? Saya sudah terlanjur banyak naiknya, sulit sekali menurunkannya.

Saya sudah berusaha untuk menurunkannya, tapi belum juga bisa. Akibat berat badan meningkat terus ini, banyak pakaian saya tidak lagi bisa dipakai. Semuanya menjadi sangat ketat. Apalagi celana pendek dan celana panjang, tidak cukup lagi. Saya juga jadi kurang pede!

Demikian mungkin keluhan yang muncul. Tapi, jangan khawatir. Pasti ada cara untuk bisa menurunkan berat badan ke berat yang diharapkan.

Berkaitan dengan upaya menurunkan berat badan ini sebetulnya ada tiga faktor utama yang menentukan dan penting untuk dilakukan. Apakah itu?

Pertama, rencanakan penurunan berat badan.

Anda perlu merencanakan penurunan berat badan. Tidak cukup di dalam pikiran atau angan-angan, tetapi tulislah. Dengan rencana tertulis itu, Anda akan menjadi jelas seperti apa goal yang Anda harapkan.

Apakah Anda ingin menurutkan berat badan ke berat ideal yang seharusnya? Atau, Anda merasa cukup dengan menurunkan beberapa kilogram saja. Terserah Anda berapa kilogram Anda hendak menurunkan berat badan Anda.

Pastikan pula berapa lama program yang Anda inginkan. Tiga bulan, enam bulan, atau setahun? Semakin banyak berat badan yang hendak Anda turunkan semakin lama diperlukan waktu pelaksaannya.

Menurutkan berat badan sebaiknya tidak dilakukan secara instant. Penurunannya berat secara cepat membuat Anda menyiksa diri-sendiri secara berlebihan. Boleh jadi hasilnya bukan kesehatan yang didapat melainkan Anda malah sangat lemas dan sakit karenanya.

Oleh karena itu sesuaikan penurunan berat badan yang Anda harapkan dengan lama waktu yang Anda rencanakan. Misalnya saja, turun 3 kilogram dalam 2 bulan.

Tidak ada standar yang penulis temukan terkait jumlah kilogram penurunan berat badan dengan lama waktu yang dibutuhkan agar si empunya tetap sehat dan berenergi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x