Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Perlukah Mengikuti Kursus agar Pandai Menulis?

11 September 2021   16:27 Diperbarui: 11 September 2021   16:35 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis (Sumber: onlinecheckwriter.com)

Tulisan ini terinspirasi dari kegiatan iseng saya melihat buku-buku lama di dalam rak buku. Di antara buku-buku yang ada, saya temukan sederetan kecil buku tipis-tipis di situ. Setelah saya buka, ternyata buku-buku itu adalah sisa dari kursus menulis saya dulu.

Saya sebut sisa, karena hanya itulah buku yang masih utuh. Beberapa lainnya sudah habis dibaca (baca: dimakan) rayap.

Kursus Mengarang

Untuk maklum, latar belakang pendidikan saya bukan bahasa Indonesia atau ilmu jurnalistik. Oleh karena itu, saya memandang perlu belajar secara intensif bagaimana menggunakan bahasa Indonesia dalam tulis-menulis agar bisa menulis dengan lebih baik.

Tanpa kemampuan berbahasa yang baik dan benar, mustahil saya bisa mewujudkan hasrat menjadi seorang penulis. Demikian pikir saya saat itu.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti dua jenis kursus dalam waktu yang berbeda. Yang pertama adalah kursus karang-mengarang dan yang kedua kursus ilmu jurnalistik.

Saya juga memperlengkapi diri dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan kepenulisan.

Pertama-tama saya mengikuti kursus mengarang jarak jauh yang diasuh oleh The Liang Gie (almarhum) di Yogyakarta, dalam dua level yang berbeda.

Sangat menyenangkan mengikuti kursus itu. Betapa tidak! Saya mendapatkan dasar-dasar ilmu mengarang yang lumayan lengkap pada level pertama. Selanjutnya, pada level kedua, saya memperoleh pengetahuan tentang teknik menulis ilmiah populer dari lembaga kursus tersebut.

Kursus Jurnalistik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun