Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis, dan Pencinta (Berat) Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Jangan Hanya Bekerja, Sesekali Perlu Lho Memanjakan Diri

12 Januari 2021   13:54 Diperbarui: 14 Januari 2021   11:50 465 40 22 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Hanya Bekerja, Sesekali Perlu Lho Memanjakan Diri
Olahraga jogging (Photo by Kate Trifo on Unsplash)

Sehari-hari mungkin kita serlalu bekerja keras, siang dan malam. Seluruh tenaga, pikiran, dan waktu yang ada kita curahkan sepenuhnya untuk pekerjaan. Kita ingin pekerjaaan itu kita selesai tepat waktu, tak ada yang lewat dari deadline. Kita juga ingin karier atau usaha yang kita kembangkan bisa maju bersamaan dengan bergulirnya waktu.

Mencapai Prestasi

Hingga saat ini barangkali sudah banyak pencapaian kita. Bagi mahasiswa, misalnya, sudah berhasil mendapatkan nilai yang bagus saat ujian semester kemarin.

Bagi karyawan sudah sukses mendapatkan kenaikan pangkat atau jabatan setingkat lebih tinggi dengan gaji yang lebih baik.

Bagi para usahawan sudah mampu mengelola perusahaannya dengan lebih baik sehingga memperoleh profit yang semakin banyak.

Tentu kita merasa senang atas pencapaian itu. Kita merasa bangga dengan tim kita yang solid dan berkinerja bagus. Seharusnya apa yang sudah kita capai itu bisa diteruskan, bahkan ditingkatkan, baik kuantitas maupun kualitasnya.

Pencapaian demi pencapaian itu sudah memberikan kita kepuasan akan kebutuhan manusiawi untuk berprestasi (need of achievement) dan kebutuhan akan pengakuan dari orang lain.

Yuk, Manjakan Diri

Nah, kendati kita selalu sibuk alias repot dalam keseharian, jangan pernah lupa memanjakan diri. Ya, benar, memanjakan diri! Sekali dalam seminggu kita bisa melakukan hal-hal yang secara pribadi kita sukai.

Misalnya, pada harti Minggu kita melakukan olahraga ringan kesukaan kita. Jogging contohnya. Berjalan dengan langkah yang relatif cepat tentu menyenangkan dan menyehatkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x