Mohon tunggu...
Eci VenEllen
Eci VenEllen Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018

Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Kampus Mengajar Menggunakan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa

6 Agustus 2021   09:00 Diperbarui: 6 Agustus 2021   09:10 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama saya Eci Ven Ellen, mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Saya bersama satu rekan saya yang berasal dari Universitas Maritim Raja Ali Haji terpilih menjadi bagian dari mahasiswa Kampus Mengajar. Suatu kebanggan bagi saya bisa bersaing dengan teman-teman mahasiswa dari seluruh penjuru, mulai dari Sabang sampai Merauke.

Program Kampus Mengajar Perintis merupakan salah satu bentuk kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program Kampus Mengajar ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar terutama daerah 3T yang ada di dekat tempat tinggal mahasiswa. Sekolah sasaran saya adalah Sekolah Dasar (SD) yang berada tak jauh dari tempat tinggal saya, di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Letaknya di tanah Melayu, berada di sekitar pegunungan, mayoritas penduduknya adalah masyarakat Melayu. Ia adalah SD Negeri 014 Teluk Bintan. Sekolah ini didirikan pada tahun 2000.

Setelah melaksanakan observasi awal terhadap siswa SDN 014 Teluk Bintan, saya melihat ada beberapa siswa yang belum bisa membaca. Oleh karena itu, saya memasukkan program unggulan saya disini yaitu membantu siswa belajar membaca. Saya mencoba untuk mengajak mereka belajar mengeja huruf terlebih dahulu, ternyata setelah diketahui masih ada siswa yang belum mengenal huruf. Setiap saya masuk di kelas, saya menuliskan huruf A-Z di papan tulis kemudian meminta siswa untuk menyebutkan satu persatu dari huruf tersebut. Hal ini saya lakukan secara terus menerus sebelum memulai pembelajaran.

Tidak hanya itu, saya juga membantu siswa belajar membaca melalui media yang sudah saya persiapkan yaitu video. Ketika saya mengajak mereka untuk melihat video dan mengeja bersama, mereka sangat antusias sekali. 

"Bu, seru ya belajar nya kalo sambil nonton", ucap salah satu siswa.

Hal ini dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa dan memperlancar membaca siswa. Selain itu, dengan bantuan media pembelajaran juga dapat meningkatkan antusias dan semangat siswa dalam belajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun