Mohon tunggu...
Eko Adri Wahyudiono
Eko Adri Wahyudiono Mohon Tunggu... Guru - ASN Kemendikbud Ristek

Mengajar dan mendidik semua anak bangsa. Hobi : Traveling, tenis, renang, gitar, bersepeda, nonton film, baca semua genre buku, menulis artikel dan novel.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Kenali 4 Jenis Kepribadian Ini Untuk Mengelola Emosi Anak

7 Juli 2023   14:02 Diperbarui: 9 Juli 2023   13:43 1954
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Emosi Verbal dan Non verbal anak saat konflik. Sumber gambar Dokumen pribadi.

Berita menyedihkan dari Kota Temanggung, Jawa Tengah tentang murid SMP yang dijadikan tersangka atas kasus pembakaran gedung sekolahnya sungguh memilukan bagi dunia pendidikan kita.

Berdalih telah di-bully oleh teman-temannya di sekolah memantik luapan emosinya dengan melakukan tindakan yang sudah menjurus ke jeratan hukum akibat tidak bisa meredam perasaan marah pada dirinya.

Komisi Perlindungan Anak dan Ibu (KPAI), ikut turun tangan mengawal dan melakukan pedampingan terhadap kasus yang sedang ramai di tanah air ini sampai tingkat pengadilan karena pelaku masih di bawah umur.

Sebagai orang tua dan guru, pasti tidak menginginkan kejadian seperti di atas terjadi pada keluarga atau sekolahnya dengan pembenaran atas dasar alasan apapun.

Untuk mencegah kasus seperti peristiwa di Temanggung itu TIDAK terulang lagi, cobalah untuk mengenali 4 kepribadian anak terlebih dulu agar semua pihak bisa mempunyai pemahaman yang sama dalam mencari akar permasalahan yang memicu mengapa emosi anak didik saat ini bisa meluap tidak terkontrol.

Keempat kepribadian anak seperti yang durujuk oleh situs online DosenPsikologi.com, perlu dikenali untuk kita pihak dalam kelola emosi anak bila ada permasalahan yang bersifat pada penanganan kasus yang dipicu oleh emosi.

Pertama, Kepribadian Sanguinis. Bila diamati, anak didik di tipe ini menyukai penampilan diri dan ingin tampil populer. Rasa percaya dirinya tinggi, periang dan suka kegiatan berkelompok.

Emosi pemilik tipe di atas cenderung santai, kurang serius, antusias, humoris, tulus dan mudah beradaptasi.

Kedua, Kepribadian Melankolis. Anak didik di tipe ini sangat perfectionist atau menyukai kesempunaan dan berpenampilan rapi serta bersih. Rasa ingin tahunya tinggi, tidak mau mengalah dan suka mengatur.

Emosi anak didik di tipe ini analitik dan berlogika tinggi, sangat serius, berfikir mendalam, tekun, cerdas dan punya idealisme yang kuat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun