Mohon tunggu...
dzulfikar ilhamk
dzulfikar ilhamk Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Diponegoro

Seorang Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Cara Berinvestasi dan Rencana Strategis

4 Agustus 2020   16:14 Diperbarui: 4 Agustus 2020   16:02 37 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Cara Berinvestasi dan Rencana Strategis
RW 07 Kelurahan Sudiang/dokpri

Sudiang, Kota Makassar (04/08). Pandemi Covid-19 telah menjadi ancaman yang sangat serius bagi kehidupan manusia sejak awal tahun 2020. Penyebaran virus yang begitu cepat menjadi momok yang menghantui mobilitas manusia, pola interaksi serta komunikasi. Akibatnya, sangat banyak protokol kesehatan yang diterapkan untuk meminimalisir dampak dari covid-19. 

Penerapan protokol kesehatan ini mempengaruhi sangat bidang-bidang kehidupan, seperti bidang perekonomian, pendidikan, kesehatan dan sosial. Salah satu contoh kegiatan pendidikan yang dipengaruhi oleh penerapan protokol kesehatan adalah bagaimana pihak perguruan tinggi merespon kegiatan pengabdian yang setiap tahunnya dilaksanakan, Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Universitas Diponegoro (Undip) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerapkan pola kegiatan KKN mandiri dan dilaksanakan di rumah masing-masing, hal ini dilaksanakan agar mahasiswa tetap mampu mengimplementasikan ilmu yang didapatnya dalam bangku perkuliahan dan menyebarluaskannya kepada masyarakat.

Penerapan KKN mandiri merupakan salah satu langkah bagi mahasiswa untuk bisa mewujudkan salah satu perannya sebagai agent of change karena permasalahan sosial, ekonomi dan kesehatan di masyarakat saat ini sedang meningkat pesat, maka dari itu mahasiswa harus mampu berperan aktif dan kreatif untuk memecahkan permasalahan tersebut. Salah satu lokasi kegiatan KKN tim 2 Undip periode 2020 ditengah pandemi covid-19 ini adalah RW 07 di Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. 

RW 07 di Kelurahan Sudiang merupakan salah satu RW yang berada di Kelurahan Sudiang. Mayoritas kegiatan ekonomi di RW ini adalah kegiatan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini dapat terlihat dari banyaknya pelaku-pelaku usaha yang berada di RW 07, seperti pedagang buah-buahan, makanan berat, minuman dan lainnya. 

Banyaknya pelaku UMKM di daerah tersebut dikarenakan keberadaan RW 07 merupakan daerah yang cukup strategis dimana daerah RW 07 merupakan jalan poros bagi masyarakat untuk menuju ke Gedung Olahraga (GOR) Sudiang dan lokasi pengumpulan orang-orang yang akan melaksanakan ibadah haji dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Sayangnya, dikarenakan pandemi covid-19 kegiatan usaha masyarakat di daerah RW 07 Kelurahan Sudiang sangatlah terganggu.

Dampak pandemi covid-19 sangat dirasakan oleh para pelaku UMKM di daerah ini, banyak dampak langsung maupun tidak langsung yang dirasakan oleh pelaku UMKM. Dikarenakan dampak inilah pihak kelurahan berpesan agar setiap program pengabdian yang dilakukan di daerahnya diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. 

Maka dari itulah Dzulfikar Ilham, selaku pelaksana KKN tim 2 Undip periode 2020 di Kelurahan Sudiang, melaksanakan dan merancang program kegiatan KKN yang berfokus dalam peningkatan taraf hidup masyarakat, baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Terdapat 2 program kegiatan KKN yang telah dilaksanakan di RW 07 Kelurahan Sudiang, yaitu kegiatan pemberdayaan UMKM di RW 07 Kelurahan Sudiang terkait perencanaan strategis dan pemberdayaan pemuda di RW 07 Kelurahan Sudiang terkait investasi. 

Kedua program pemberdayaan ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dimana pelaksanaan program 1 bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam memecahkan permasalahan serta menemukan kelemahan usahanya dan pelaksanaan program kedua bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan bagi para pemuda di daerah tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x