Mohon tunggu...
Dzulfahmi alfaizi
Dzulfahmi alfaizi Mohon Tunggu... mahasiswa

talk less do more

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Menjaga Spirit Ramadan

20 Juni 2019   17:17 Diperbarui: 21 Juni 2019   11:40 0 0 0 Mohon Tunggu...

وَلَا تَكُونُوا كَالَّتِي نَقَضَتْ غَزْلَهَا مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ أَنْكَاثًا تَتَّخِذُونَ أَيْمَانَكُمْ دَخَلًا بَيْنَكُمْ أَنْ تَكُونَ أُمَّةٌ هِيَ أَرْبَىٰ مِنْ أُمَّةٍ ۚ إِنَّمَا يَبْلُوكُمُ اللَّهُ بِهِ ۚ وَلَيُبَيِّنَنَّ لَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Artinya: Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali, kamu menjadikan sumpah (perjanjian)mu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain. Sesungguhnya Allah hanya menguji kamu dengan hal itu. Dan sesungguhnya di hari kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu. (Al-a’raf 92)

Ada yang terasa hilang seusai Ramadhan meninggalkan kita bersama, Ada banyak kenangan indah selama bulan Ramadhan dalam beribadah kepada Allah SWT begitumudah kita jalankan, padahal dibulan-bulan lain begitu sulit dijalankan.

Seperti bangun malam dan menyisihkan sebagian harta untuk diberikan kepada orang lain sebagaimana dalam firman Allah dibawah ini : “Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk tuhan mereka. Dan orang-orang yang apabila membelanjakan atau menginfakan hartanya, mereka tidak berlebihan dan tidak kirir, dan di tengah-tengah antara yang demikian.” (Asy-Syu’ara 64 dan 67).

Hal-hal yang harus dijaga oleh umat islam :

  • Memelihara agama
  • Memelihara akal
  • Memelihara nyawa
  • Memelihara Harta
  • Memelihara Keturunan

Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari ibadah Ramadhan yang baru saja kita lalui bersama, dimana kita berharap agar semangat beribadah selama Ramadhan terus bergelora sepanjang tahun, hingga bertemu kembali dengan Ramadhan berikutnya.

Dimana, Pelajaran-pelajaran tersebut, antara lain :

Pertama Hifz Duddin Semangat beribadah mahdah, baik wajib maupun sunnah (Shalat,Puasa,Zakat,Infaq,Zikir,Tilawah, dan sebagainya). Ibadah-ibadah ini dengan mudahnya kita bisa lakukan dengan kualitas dan kuantitas yang baik.

Apakah semangat ibadah ini hanya bisa dilakukan dengan mudahnya di bulan Ramadhan? Ternyata Tidak, karna Allah menyiapkan waktu sepanjang masa ini untuk digunakan beribadah kepadanya, kapanpun dan dimanapun.

Sangatlah salah orang yang beranggapan seperti itu.

Kedua, Semangat berdisiplin dalam menjalankan semua aktivitas. Ini terkait dengan berbagai Aktivitas. Ini terkait dengan berbagai Aktivitas, baik yang terkait dengan ibadah mahdah maupun ibdah ghaira mahdoh (Muamalah).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2