Mohon tunggu...
DZAKY FADHLURRAHMAN
DZAKY FADHLURRAHMAN Mohon Tunggu... Membaca Dunia, Mencerahkan Semesta.

Youth Leader, Youth Entrepreneur.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Juni, Bulan Lahir Para Pemimpin Bangsa

1 Juni 2020   04:05 Diperbarui: 1 Juni 2020   04:15 69 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Juni, Bulan Lahir Para Pemimpin Bangsa
Gambar di ambil dari berbagai sumber (kolase -- thetenurefacility.org)

Beruntunglah, jika anda terlahir dibulan juni. Dari 7 Presiden terdapat 4 Presiden yang terlahir di bulan ini, salah satunya adalah proklamator bangsa lho. Jika kita dalami, Bulan Juni adalah bulan keenam tahun dalam Kalender Gregorius. Kata ini diambil dari Bahasa Belanda yang mengambil dari bahasa Latin dewi Juno, sakti atau istri daripada dewa Jupiter. Bulan ini memiliki 30 hari. Pada bulan ini terdapat sejumlah peristiwa penting Indonesia, salah satunya adalah dicetuskannya ideologi Pancasila yang hingga kini masih kita anut sebagai pedoman berbangsa dan bernegara. Ideologi tersebut dicetuskan oleh Presiden Republik Indonesia pertama Ir. Soekarno. Usut punya usut Ir. Soekarno dan 3 Presiden lainnya juga terlahir di bulan yang sama yaitu, Bulan Juni. Simak biografi singkat 4 Presiden yang terlahir di bulan ini.

  • Dr.(H.C.) Ir. H. Soekarno. Dr.(H.C.) Ir. H. Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 merupakan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus Presiden Republik Indonesia yang pertama kali. Beliau merupakan putra Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Dr.(H.C.) Ir. H. Soekarno wafat di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.
  • Jenderal Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto. Jenderal Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto lahir di Kemusuk, Yogyakarta, 8 Juni 1921 merupakan Presiden Republik Indonesia kedua yang memiliki kekuasaan terlama yaitu, 32 tahun. Soeharto dikenal oleh rakyat Indonesia sebagai Bapak Pembangunan dan dijuluki The Smiling General karena keramahan dan sering tersenyumnya. Beliau wafat di Jakarta, 27 Januari 2008 pada umur 86 tahun dan dimakamkan di Astana Giri Bangun, Solo, Jawa Tengah.
  • Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng. Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 merupakan Presiden Republik Indonesia yang ketiga, menggantikan Presiden Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998. Habibie dikenal sebagai cendekiawan islam yang berhasil membuat dan merancang pesawat terbang. Karena kepiawaiannya dalam industri dirgantara ia mendapat julukan "Mr. Crack" dari masyarakat internasional. Beliau wafat di Jakarta, 11 September 2019 pada usia 83 tahun dan dimakamkan di samping istrinya yaitu Hasri Ainun Besari di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.
  • Ir. H. Joko Widodo. Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 merupakan Presiden Republik Indonesia ketujuh. Joko Widodo lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. Ia merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara. Ia mulai menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia sejak 20 Oktober 2014 dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan terpilih kembali pada Pemilu Presiden 2019 dengan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin.

Demikian penjelasan singkat mengenai 4 Presiden Republik Indonesia yang terlahir pada Bulan Juni. Mereka memiliki semangat kerja keras dan kerja cerdas, sehingga dapat menjadi presiden, pemimpin bangsa Indonesia. Jika mereka bisa, anda pasti juga bisa. Jangan sia-siakan kesempatan berharga ini, kamu pasti bisa. Jadikan kesuksesan mereka sebagai motivasi berjuang teman-teman semua. Semangat, Terimakasih.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x