Mohon tunggu...
Bang Pray
Bang Pray Mohon Tunggu... Freelancer - Educator, Microsoft Inovative Educator, Writer

Pengajar dan pendidik yang menginginkan perubahan pendidikan yang lebih baik, sebagaimana konsep pendidikan Islam dalam waktu yang singkat menghasilkan orang-orang yang hebat. Tertarik pada teknolgi informasi, aplikasi android, teknologi pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Top Down Focus Bantu Optimalkan Produktifitasmu

12 April 2020   05:00 Diperbarui: 12 April 2020   05:27 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada sebuah pepatah arab yang menjarkan kita agar senantiasa fokus pada jalan yang ingin kita raih, yang mana bunyinya sebagai berikut: 

Man saaro alaa darbi wasola
"Barang siapa berjalan pada jalannya, maka dia akan sampai (pada tujuannya)".

Pepatah Bahasa Arab ini mengajarkan kepada kita untuk senatiasa fokus dan teguh pada jalan yang ingin kita raih.
Mengapa fokus begitu penting?

Sebab fokus akan menentukan tindakan anda dan menentukan arah bagi semua indra anda. 

Fokus menjadi pemicu tindakan dari tubuh kitadan kekuatannya.

Fokus adalah alat mental mengagumkan yang amat kuat, dan oleh karena itu akan mengarahkan perjalanan perubahan anda menuju kesuksesan yang besar dan lebih besar lagi !

Kita mengenal dua macam fokus pikiran manusia yaitu: Bottom up focus dan Top Down focus.

 Bottom up, fokus yang timbul dari bawah ke atas adalah keadaan di mana seringkali kita fokus terhadap hal -- hal yang tidak kita rencanakan. Kita cenderung reaktif, dan mengarahkan fokus pikiran pada hal -- hal yang di luar perencanaan kita. 

Bottom up focus adalah apa yang mayoritas dialami orang saat ini.

Sementara, top down focus adalah kondisi di mana kita bisa memfokuskan pikiran kita terhadap hal -- hal penting yang memang kita ARAHKAN secara sadar bahwa kita harus melakukannya. Seperti misalnya ketika hari ini saya harus bisa menghasilkan sebuah artikel di kompasiana, maka saya berupaya semaksimal mungkin memfokuskan pikiran saya agar tercipta artikel ini selama 25 -- 30 menit tanpa gangguan fokus apapun. Saya berupaya hadir secara penuh atas apa yang saya lakukan, serta menikmati apa yang saya lakukan tersebut. 

Top down focus inilah yang menjadi kunci saya menghasilkan banyak hal. Misalnya saya bisa menulis artikel setiap hari, membawakan pelatihan, merancang modul pelatihan, yang sebenarnya membutuhkan waktu lama untuk dikerjakan namun ternyata bisa saya kerjakan dengan singkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun