Mohon tunggu...
Teddy Rustandi
Teddy Rustandi Mohon Tunggu...

Berbagi Story, Reportase, Opini,Traveling | like fotografi, videografi

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Pakar Media Perkebunan Agus Pakpahan Luncurkan Buku

16 Mei 2016   21:53 Diperbarui: 16 Mei 2016   22:42 0 1 0 Mohon Tunggu...

 

[caption caption=" Buku Kumpulan Pemikiran Dewan Pakar Media Perkebunan Prof.Dr.Ir Agus Pakpahan,APU| sumber dok pribadi"][/caption]

 

Bicara soal Industrialisasi perkebunan di Indonesia  dari awal masa peninggalan kolonial Belanda hingga kini setelah pemerdekaan. Sepertinya tidak ada perubahan atau kemajuan yang signifikan padahal kita tahu kekayaan Indonesia sangatlah berlimpah dengan tanah yang subur.

Bahkan musisi legendaries Koes Plus saja hingga membuatkan sebuah lagu "Tongkat kayu dan Batu Jadi Tanaman" dari syair lagu tersebut  aja kita dapat menilai sendiri betapa kayanya alam kita hanya dengan sebuah kayu jadi sebuah hal yang bermanfaat bagi manusia yakni tanaman.

Tentunya menjadi penasaran, Kenapa Perkebunan di Indonesia belum terjadi Industrialisasi?

[caption caption="Peluncuran Buku media Perkebunan"]

[/caption]

Untuk membahas hal tersebut, Saya mendapatkan undangan untuk menghadiri diskusi dan konprensi pers bertemakan "Kesuksesan Perkebunan Tanpa Kemajuan Industrialisasi" sekaligus peluncuran buku, Pada hari Selasa yang lalu 03 April 2016 bertempat di Gedung Menara 165 Jakarta Selatan.  Dengan pembicara Prof. Dr. Ir. Agus Pakpahan, APU  selaku Dewan Pakar Perkebunan dan Ketua Badan Eksekutif GAPPERINDO  bersama MT Felix Sitorus selaku Sosiolog Agrobisnis Center for Smart Agrobisnis (CeSA), Politeknik Agroindustri Subang.

Saat itu acara dibuka oleh Dr Dwi Sujatmiko, dalam paparannya “Berpijak lebih keras, Cerdas dalam bekerja untuk menghasilkan perkembangan perkebunan.”

Sebelum masuk ke sesi diskusi, diluncurkan sebuah buku hasil pemikiran Prof. Dr. Ir. Agus Pakpahan, APU  yang langsung di bagikan kepada undangan yang hadir.

Sebagai pakar perkebunan dan pernah menjabat Dirjen Perkebunan pada 1998-2003, sekaligus ketua Gabungan Asosiasi  Petani Perkebunan Indonesia sejak 2003 hingga sekarang dan ketua Komisi keamanan hayati produk rekayasa Genetik sejak 2010 sampai sekarang,  Prof. Dr. Ir. Agus Pakpahan, APU . Dalam pengabdiannya di bidang ilmu pengetahuan beliau telah menghasilkan banyak karya tulis. Salah satunya dengan mengisi Rubrik Teropong di media perkebunan sejak 3 tahun yang lalu.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3