Mohon tunggu...
Yu Dia Pratiwi
Yu Dia Pratiwi Mohon Tunggu... Pelajar | Mahasantriwati | Muslimah | Pemimpi

Kata-kata adalah teman hidupmu, karena dengannya kau dapat meluapkan isi hatimu

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Kiat Hebat Ini Akan Menjadikanmu Fasih Berbahasa Asing Layaknya "Penutur Asli"

19 Januari 2021   10:27 Diperbarui: 10 Februari 2021   18:37 144 1 0 Mohon Tunggu...


Tak dapat dipungkiri, bahasa sudah menyatu dalam kehidupan kita. Bahasa memang sangat penting dan diperlukan bagi setiap manusia. Karena dengannya lah kita bisa saling berkomunikasi satu sama lain, melakukan kontak sosial dan dapat memahami maksud dari apa yang menjadi bahan pembicaraan. Bagaimana mungkin kita bisa berkomunikasi tanpa bahasa bukan? Pasti sangat sulit untuk saling mengerti.

Selain itu, bahasa juga merupakan sesuatu yang menjadi lambang jati diri suatu daerah maupun sebuah negara. Seperti kita warga negara Indonesia, tentu kita wajib berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Meskipun kita memiliki banyak bahasa daerah, namun haruslah tetap bahasa Indonesia sebagai bahasa kebangsaan kita.

Dan bagi sebagian banyak orang, bukan hanya bahasa "ibu" saja yang menjadi pegangan tentunya menguasai banyak bahasa asing juga menjadi sebuah keinginan dan impian. Bukan hanya itu saja, di era milenial yang semakin maju seperti sekarang ini juga sangat menuntut kita untuk menguasai bahasa internasional. Bahasa Inggris, misalnya. Aktif berbahasa Inggris terkadang menjadi salah satu kriteria yang harus kita sempurnakan saat kita mengejar suatu karir.

Bisa berbicara dalam banyak bahasa negara juga membuka banyak peluang relasi kita lho! Namun terkadang kita ragu jika ucapan yang kita keluarkan dalam bahasa asing itu salah, gak fasih, kaku, takut asal sebut. Tenang, coba kamu terapkan kiat-kiat berikut ini saat kamu belajar bahasa asing dan menjadikanmu seperti penutur asli ya sobat,,
Go for it!!

1. Kuatkan komitmen dan tentukan targetmu

Tak jarang setiap hal yang ingin kita lakukan tidak berhasil karena kurangnya komitmen yang kuat. Jika kamu ingin mempelajari suatu bahasa, sebaiknya jangan hanya sekadar coba coba saja ya. Tapi harus didasari alasan, keyakinan, dan tujuan yang kuat. Kamu juga harus menentukan sebuah target jika ingin mahir berbahasa asing dalam waktu yang lebih cepat. Misalnya, dalam waktu 4 bulan aku harus selesaikan kursus bahasa Inggrisku.

Dengan begitu jika kamu sudah cukup mahir berbahasa Inggris, kamu bisa lebih memanfaatkan waktu setelah itu untuk mencari kursus bahasa lainnya seperti bahasa Arab atau bahasa Spanyol. Atau kamu juga bisa mencari kursus bahasa Inggris tambahan guna menyempurnakan bahasamu. Hal ini akan membuat pembelajaran yang kamu ikuti akan lebih tertata.

2. Ikuti pembelajaran intensif

"Aku ingin bisa berbahasa Arab dalam kurun waktu sebulan, bisa gak ya?"

Bisa aja ya sobat. Belajar bahasa dalam waktu yang lebih singkat namun intensif akan membuatmu lebih aktif berbahasa. Dibandingkan kamu mengikuti les bahasa dalam kurun waktu setahun atau 2 tahun, kamu bisa lebih cepat daripada itu. Kamu bisa mencari kursus yang memiliki program misalnya "Fasih berbahasa Arab dalam sebulan" dengan durasi belajar 6 jam dalam sehari. Karena hal itu bisa lebih efektif menyokongmu untuk konsisten dalam memahami, mengingat, dan melafalkan.

3. Belajar dengan aplikasi atau bergabung dengan grup online

Zaman sudah semakin canggih ya, readers. Segalanya bisa dilakukan dengan gampang secara online tanpa perlu bertemu, tanpa berkumpul secara langsung. Aktivitasmu akan berlangsung tanpa tersekat oleh ruang dan waktu. Yaap!! Kamu sekarang bisa belajar lebih mudah, kapanpun dan dimana saja kamu berada. Gunakan gadget mu untuk hal yang bermanfaat. Pilihlah fitur-fitur aplikasi di Playstore yang bisa membantu memudahkanmu belajar seperti Cake, Duolingo, Mondly, Cakap, Tandem Languange Exchange dan beragam fitur keren lainnya. Woow!! 

Kamu juga bisa mendownload banyak pilihan e-book belajar bahasa yang didalamnya terangkum banyak kosa kata, tata bahasa, dan percakapan yang bisa dipelajari secara otodidak. Kamu juga bisa menonton video-video pembelajaran di Youtube. Ditambah lagi, kamu sekarang bisa bergabung dengan grup-grup online di WhatsApp atau Telegram mulai dari yang gratis hingga berbayar. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan kondisimu ya.
 

4. Mencari guru bahasa yang ahli atau partner yang berpengalaman

Sesuatu akan terasa lebih sempurna dengan adanya seorang pembimbing.
Pembimbing yang baik akan mengajarimu hal yang benar dan memperbaiki kesalahan yang kamu lakukan. Carilah pula temanmu yang berpengalaman di bidang bahasa yang kamu inginkan. Lakukanlah latihan percakapan dengannya. Akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan dengan partner terdekat bukan? Tentu hal ini akan membuatmu lebih berani untuk menerapkan bahasa baru dalam keseharianmu.

5. Buatlah catatan kecil saat menemukan kosa kata baru

Agar cepat menguasai suatu bahasa, kamu harus rajin bereksplorasi untuk menemukan kosa kata yang baru. Ini tidak akan merugikanmu. Dan saat kamu menemukannya, tulislah di sebuah catatan kecil. Catatan ini bisa kamu tempelkan di lemari buku atau di dinding kamar. Hal ini supaya kamu tidak melupakan kosa kata baru yang sudah kamu dapatkan. Kamu akan terbiasa melihatnya bahkan saat kamu bangun tidur.  

6. Berkunjung ke negara impian

Siapa nih yang hobi banget sama yang namanya travelling?? Hobimu yang satu ini bisa kamu manfaatkan nih. Memang sedikit memerlukan banyak biaya, namun asalkan ada tekad disitu pasti ada jalan untuk mewujudkan apa yang kamu tuju, insyaAllah. 

Anggap saja negara yang kamu pilih adalah Jepang. Selain menyenangkan, kamu bisa terjun mempraktekkan pembicaraan dalam bahasa Jepang yang sudah terlebih dahulu kamu pahami langsung dengan si penutur aslinya. Jika belum keseluruhan kata yang kamu ketahui dalam bahasa Jepang, alihlah sebagian ke bahasa Inggris karena bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa seluruh dunia. 

Hal ini juga akan memberikanmu pengetahuan bagaimana gaya bahasa mereka yang sebenarnya dan membantumu untuk memperbaiki pelafalan. Dengan bahasa yang sama seperti mereka, akan lebih menunjangmu terasa lebih akrab dengannya meskipun kamu berasal dari negara yang berbeda.

7. Menonton film luar negeri

Naah, kalo kamu pengen belajar tapi yang gak ngebosenin. Trik ini akan menjadi pilihan yang bagus buatmu. Kamu dapat menonton film atau kartun luar negeri kesukaanmu bersama keluarga sambil belajar. Kalo pengen jago bahasa Turki, sering-seringlah nonton film Turki. Pengen jago bahasa Arab, sering-sering nonton film Arab. Tak hanya film, menonton berita luar negeri juga akan lebih bermanfaat bukan? Selain belajar berbahasa, kita juga memperoleh wawasan tentang dunia. Jadi, petiklah manfaat dari setiap hal yang kita kerjakan.

8. Mencari sahabat pena dari berbagai penjuru negara

Ngomongin soal sahabat pena, di masa lalu masyarakat pada umumnya berkomunikasi jarak jauh melalui surat. Menemukan sahabat pena di tempat yang jauh tentu sangat menggembirakan. Namun, dalam surat menyurat membutuhkan waktu yang relatif lama saat menunggu balasan dari sang sahabat pena. 

Sekarang, kemajuan iptek yang semakin melambung akan mengajakmu menemukan sahabat baru dari luar negara tanpa memerlukan waktu yang lama. Kamu tidak perlu merogoh banyak uang untuk pergi ke luar negeri. Dengan ponsel pintarmu, kamu bisa mencari sahabat penamu di negara yang kamu pilih melalui aplikasi. Diantara aplikasi yang banyak di minati yaitu Bottle, Tinder, Hello Talk, Badoo dan masih banyak lagi. Setiap aplikasi menyediakan fitur-fitur dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya. 

Selain bisa menambah dan memperluas pertemanan, kita bisa lebih mengetahui kebudayaan dan kebiasaan mereka. Dan satu poin terpenting yang kamu tuju dari awal, yaitu mengerti akan bahasa mereka. Yups, kamu bisa penuhi itu dengan ngobrol bareng lewat chattingan bahkan video call untuk memperlancar kefasihan bahasamu. Sebaiknya carilah teman yang sesama mahram (sesama gender). Tetaplah jaga etika dimedia sosial. Mulailah pembicaraan dan ciptakan suasana yang menyenangkan.

9. Jangan pernah takut untuk mulai menerapkan

Kemampuanmu tak akan terlihat jika kamu tak menerapkannya. Jangan minder saat ada yang bilang "Bahasa Inggris kamu tuh masih blepotan" "Kamu kan belum fasih bahasa Mandarin, mending cari kerjaan lain aja deh!!"
Jangan berhenti belajar karena omongan itu ya sobat. Belajar dan terus belajar hingga fasih. Tujuan akhirmu tak akan ada tanpa permulaan. Teruslah berlatih mempertajam kemampuan bahasamu.

Okee.. Bagaimana nih sobat? Sudah siap atau belum menerapkannya? Sudah siap berbahasa asing dan terlihat seperti penutur aslinya? Semoga kiat-kiat diatas bisa mempermudahkanmu belajar bahasa asing ya. Namun tetaplah kita ingat, bahasa persatuan kita bahasa Indonesia💕 

VIDEO PILIHAN