Mohon tunggu...
Dyah Audia Syawwalina
Dyah Audia Syawwalina Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - mahasiswa

Hobi saya membaca novel.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Magang di Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta: Langkah Awal untuk Menjadi Guru yang Prefesional

3 Januari 2024   12:30 Diperbarui: 3 Januari 2024   12:38 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama di BI Corner Perpustakaan Madrasah Mu'allimat Yogyakarta, dok. pribadi

Magang menjadi langkah awal yang sangat krusial bagi kami yang bercita-cita menjadi guru profesional. Dalam tahap ini, magang dapat mengenali dinamika dunia pendidikan secara langsung di lapangan dan memahami peran mereka sebagai agen perubahan di ruang kelas. 

Selama periode magang, kami diberikan kesempatan untuk melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, mulai dari perencanaan pelajaran hingga pelaksanaan di kelas. Interaksi dengan ustadz dan ustadzah berpengalaman membuka pintu bagi penyerapan pengetahuan dan keterampilan pedagogis yang tidak dapat diperoleh melalui teori semata. 

Pada saat yang sama, pengamatan langsung terhadap dinamika kelas dan tantangan yang dihadapi oleh para pendidik memberikan perspektif praktis yang tak ternilai. Melalui magang, kami sebagai calon guru dapat mengasah kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptasi terhadap kebutuhan siswa yang beragam. Dengan demikian, langkah awal ini tidak hanya menjadi fondasi bagi kemahiran mengajar, tetapi juga mempersiapkan kami untuk menjadi pilar penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan berdampak positif bagi perkembangan siswa.

Menjadi sebuah kewajiban bagi kami, Mahasiswa/i Semester 5 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk melaksanakan Magang di sekolah-sekolah mitra. Adanya magang ini guna untuk memenuhi harapan dari undang-undang empat kompetensi guru yaitu:

  • Kompetisi Pedagogik
  • Yaitu kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki.
  • Kompetensi Kepribadian
  • Yaitu kemampuan personal yang mencerminkan sebuah kepribadian yang stabil, dewasa, arif, berwibawa, mantap, dapat menjadi suri tauladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Profesional
  • Yaitu penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencangkup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuan yang dimilikinya.
  • Kompetensi Sosial
  • Kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Tidak hanya itu, kami sebagai mahasiswa yang melaksanakan kegiatan magang ini juga memiliki luaran yang sangat bermanfaat bagi kami para calon pendidik di masa yang akan datang. Salah satu contoh luarannya yakni membuat RPP/Lesson Plan yang secara langsung memberikan kami pengalaman lebih sebagai Langkah awal menjadi guru professional.

Pada tanggal 1 Oktober 2023, kami kelompok magang Madrasah Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta yang beranggotakan sembilan orang berangkat menuju Madrasah Bersama---sama untuk melaksanakan kegiatan penerjunan magang perdana. Sesampainya disana, kami disambut hangat oleh pihak sekolah serta guru pamong kami selama pelaksanaan magang. 

Ditemani Bersama dosen pembimbing lapangan (DPL) kami, Dr. Fitri Zakiyah, S.Pd.I., M.Pd. kami mendengarkan sambutan-sambutan dan juga ta'aruf atau memperkenalkan diri. Kami merasakan atmosfer kekeluargaan yang hangat karena selama berbincang-bincang kemudian masuk ke sesi serah terima dari pihak kampus (yang diwakili oleh dosen pembimbing lapangan kami) dan juga pihak madrasah Mu'allimat Yogyakarta menyambut kehadiran dan Kerjasama kami dengan baik.

Selama menjalankan kegiatan magang di Madrasah Mu'allimat Yogyakarta, saya merasakan kehangatan dan kebersamaan yang luar biasa di antara guru, staf, maupun para santriwati. Suasana akademis yang penuh semangat tidak hanya meningkatkan pengetahuan saya dalam dunia pendidikan, tetapi juga memperluas wawasan terhadap nilai-nilai keislaman, kebahasa araban, juga kekeluargaan. 

Sejak hari pertama, saya merasa diterima sepenuh hati dan mendapat kesempatan untuk terlibat langsung dalam berbagai kegiatan sekolah. Dari mulai kami yang ikut serta guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas hingga kami mencoba untuk menyusun Silabus pembelajaran dibawah pengawasan guru pamong, setiap momen magang di madrasah mu'allimat menjadi petualangan Pendidikan yang tak terlupakan. Tidak hanya itu, interaksi dengan para santriwati yang penuh semangat dan sopan membuat pengalaman magang ini semakin berkesan. Kebersamaan dalam menghadapi tantangan dan kesuksesan bersama menciptakan ikatan yang erat antara kami. Magang di Madrasah Mu'allimat Yogyakarta tidak hanya memberikan pengalaman profesional, tetapi juga memperkaya jiwa dengan nilai-nilai positif yang akan saya bawa dalam perjalanan karir saya ke depan.

Selama pelaksanaan magang, kelompok saya yang beranggotakan 3 orang mahasiswi (Annisah Misdayanti, Aisyah Oktaviani, dan Dyah Audia) melaksanakan proses pembuatan silabus dengan rujukan buku bahasa Arab dari guru pamong kami. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun