dwi windiawati

10 Jam di Kota Bontang

14 Juni 2016   01:26 Diperbarui: 14 Juni 2016   12:19 35
Ilmu Komunikasi 2013 kelas A dan B bersama Dosen-Dosen

Subuh itu sekitar jam 5, perjalanan dimulai. Dengan menggunakan 4 sedang dan 1 minibus serta beberapa mobil melakukan konvoi menuju Kota Bontang. Perjalanan kali ini tidak hanya sekedar jalan-jalan ataupun liburan. Tetapi memiliki tujuan yaitu untuk Praktek Kuliah Lapangan pada beberapa perusahaan ternama di Kota Bontang.

Tepatnya 30 Mei 2016, lebih dari 130 orang mahasiswa-mahasiswa Ilmu Komunikasi Univ. Mulawarman atau 2 kelas Ilmu Komunikasi bepergian. Praktek Kuliah Lapangan ini membawa dua mata kuliah yaitu Komunikasi Bisnis yang diampu oleh Ibu Hj. Khairunnisa dan Penulisan Humas oleh Pak Sabir. Tidak hanya itu, beberapa dosen Komunikasi lainnya pun turut dalam perjalanan kunjungan industri kali ini.

Waktu telah menunjukan pukul 08.00 pagi. Tujuan pertama pada perjalanan hari itu ialah pada PT Badak LNG. Sebuah perusahaan gas yang telah diakui secara internasional sebagai perusahaan gas terbaik yang telah berusia lebih dari 30 tahun. Pengarahan singkat mengenai perusahaan dibawakan oleh seorang Public Relations perusahaan yaitu Bapak Busori Sunaryo.

Menurut pemaparan yang Bapak Busori yang saya ringkas bahwa PT Badak LNG merupakan perusahaan gas pertama di dunia yang berhasil mencapai level 8 ISRB (International Sustainibility Rating System dari DNV Norway) pada 31 Desember 2011. Tidak hanya itu, PT Badak LNG juga mencapai sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, dan ISO 17025. Banyak pengalaman dan pembelajaran mengenai perusahaan yang didapat mahasiswa-mahasiswi Ilmu Komunikasi Univ. Mulawarman terlebih pada saat dibawa berkeliling mengenakan 3 bus besar untuk melihat kilang gas di PT Badak LNG.

Selanjutnya rombongan mahasiswa Ilmu Komunikasi melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi Koperasi Karyawan PKT Bontang. Disana pun seluruhnya mendapatkan bekal yang banyak mengenai bagaimana menjadi Public Relation yang baik dalam hal memanajemen Koperasi Karyawan PKT Bontang terkait.

Foto bersama teman-teman seperjuangan
Hari menjelang sore, karena agenda pada hari itu memang hanya untuk kunjungan pada 2 perusahaan. Akhirnya ketua-ketua bus kami sepakat untuk singgah sebentar untuk melihat pemandangan di salah satu objek wisata Kota Bontang yaitu Bontang Kuala. Keputusan itu pun disambut baik oleh kami semua mengingat selama ini kami belum pernah melakukan kunjungan industri sekaligus liburan singkat bersama-sama. Kami banyak melakukan foto-foto bersama sembari menunggu waktu pulang dan menikmati sore hari di Bontang.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 18.00 Wita. Kami bersiap untuk meninggalkan Bontang Kuala dan selanjutnya mengakhiri perjalanan kami. Banyak ilmu praktek yang kami dapatkan mengingat setelah menginjak di semester 6, baru ini kami mendapat ilmu yang bukan hanya ilmu teori seperti biasanya.

Keakraban diantara kami semakin terbangun, karena memang sebelumnya tempat duduk telah ditetapkan oleh panitia yang bertujuan agar dapat lebih akrab dan mengenal satu sama lain. Kami tiba di Samarinda pukul 23.30 Wita, yg seharusnya waktu tempuh Bontang-Samarinda hanya memerlukan waktu 4 jam. Tapi apa mau dikata karna diperjalanan banyak ditemui kendala yg tidak terduga. Hmmm, sebenarnya pada saat di perjalanan pulang menuju Samarinda banyak cerita yang ingin saya tuliskan di artikel ini, namun saya yakin pasti akan menyita banyak waktu pembaca sekalian wkwk