Tahun ini dunia sedang mengalami bencana besar berupa pandemi virus corona yang populer dengan nama Covid 19. Virus yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan Cina ini menyebar cepat keseluruh dunia termasuk negara kita Indonesia. Virus corona berpengaruh besar terhadap semua sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan.Â
Berdasarkan pada surat edaran pencegahan covid 19 pada satuan pendidikan tentang kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring untuk mencegah perluasan covid-19 maka terjadi perubahan yang besar terhadap pola pembelajaran.
Pola pembelajaran yang awalnya tatap muka menjadi pembelajaran daring memaksa pengajar belajar dengan cepat berbagai metode dan aplikasi dalam pembelajaran daring, namun pembelajaran daring ini tidak luput dari berbagai masalah di antaranya jaringan internet yang tidak merata, banyak siswa yang tidak memiliki HP android hingga rasa jenuh siswa terhadap pembelajaran daring yang tidak tahu sampai kapan berakhir.
Pembelajaran yang hanya memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan LKS ataua lembar kerja siswa akan menimbulkan kejenuhan dan membuat pembelajaran tidak bermakna.Â
Salah satu cara untuk mengurangi kejenuhan dan meningkatkan kreativitas dan inovasi belajar bagi siswa di rumah adalah dengan menggunakan mading. Selain itu mading juga dapat mengembangkan ketrampilan menulis bagi siswa.Â
Kita bisa menyesuaikan materi pembelajaran dengan tugas pembuatan mading kepada siswa misalnya untuk siswa kelas enam tema wirausaha, kita bisa memberi tugas siswa untuk membaca materinya atau kita berikan slide pembelajaran kemudian siswa meringkasnya untuk dijadikan mading, biarkan siswa untuk berkreasi.Â
Dari hasil kreasi mading tersebut kita dapat melihat kemampuan siswa dalam mengaplikasikan apa yang dia terima dalam bentuk tulisan dan gambar di mading.