Mohon tunggu...
Dwi Malistyo
Dwi Malistyo Mohon Tunggu... Programmer - Trader, Expert Advisor coder, Blogger. Mantan Pramuka. Mantan Pecinta Alam.

Kunci utama untuk mengurangi kesalahan di masa datang, adalah dengan mempelajari sejarah di masa lalu!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Orangtua, Dampingi Anak Anda Menghadapi SBMPTN

18 Oktober 2021   10:45 Diperbarui: 18 Oktober 2021   10:48 84 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dear para Orangtua.

Oret-oretan ini saya tulis khusus dari orangtua kepada orangtua. 

Enam bulan lagi anak-anak kita yang duduk di kelas 12 SMA akan menghadapi SBMTN untuk masuk ke Perguruan Tinggi. Anak-anak yang telah memiliki cita-cita akan mulai berjuang habis-habisan untuk mempersiapkan dirinya supaya bisa tembus ke Universitas impiannya.

Bagaimana cara kita mendampingi persiapan anak kita ? 

Ini tips dari saya, yang pernah berjuang di Sipenmaru dan juga pernah mendampingi anak sulung berjuang di SBMPTN.

1. Ingat, 'waktu' adalah sahabat kita.

Kalau anda sudah mempersiapkan anak anda bersiap-siap sejak kelas 11 SMA, anda adalah orangtua yang bijak. Tapi kalau anda malahan sudah mendorong anak anda bersiap sejak kelas 10 SMA, anda adalah orangtua terbaik bagi anak. Ujian SBMPTN berbeda dengan ujian sekolah, banyak sekali jebakan di SBMPTN. Usahakan anak anda 'melihat' contoh-contoh soal SBMPTN sedini mungkin.

Jadi yang dapat anda lakukan adalah membelikan buku soal-soal dan jawaban SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya. Saya membelikan buku ini ketika anak saya masih kelas 10 SMA. Saya carikan di toko buku Gramedia, atau kalau sibuk, saya beli di toko online seperti Tokopedia dan lain-lain.

Tidak cukup membelikan, anda harus luangkan waktu duduk di sebelah anak anda, dan melihat-lihat bersama contoh ujian SBMPTN yang lampau. Berikan pandangan bahwa anak anda akan berjuang menyisihkan siswa-siswi dari SMA lain dengan soal ini, jadi anak anda harus berlatih sejak awal.

Anak SMA biasanya masih gamang dalam hal mengatur waktu. Dampingi dan bantu menyusun waktu belajarnya. Jadi selain dia belajar untuk materi pelajaran SMA-nya, dia juga harus menyisihkan waktu belajar untuk berlatih soal-soal SBMPTN. Coba anda sarankan anak agar punya 2 jam belajar soal SMA, dan minimal 1 jam belajar SBMPTN. Kalau anak anda sudah di semester akhir, jadwal berlatih soal SBMPTN harus diperbanyak.

2. Bimbel, Offline ataupun Online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan