Mohon tunggu...
Dwie Afriyanto
Dwie Afriyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas swadaya gunung jati

Hobi olahraga dan suka mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kompetensi dalam Perusahaan Jasa Antar Primajasa

30 Januari 2023   21:28 Diperbarui: 30 Januari 2023   21:38 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KOMPETENSI DALAM PERUSAHAAN JASA ANTAR PRIMAJASA
 
Perkembangan transportasi di Indonesia sangat pesat sehingga para penyedia jasa transportasi bersaing untuk memenangkan konsumen. Dalam hal ini penyedia jasa transportasi dituntut untuk berkinerja dengan baik agar tercapainya kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi.

Transportasi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. hal ini dikarenakan hampir semua kegiatan manusia tidak lepas dari proses transportasi. Transportasi digunakan untuk berpindah dari tempat asal ke tempat tujuan. Ada tiga jenis alat transportasi yaitu transportasi darat, transportasi laut dan transportasi udara. Namun jenis transportasi yang banyak digunakan yaitu transportasi darat karena moda transportasi darat memiliki banyak pilihan diantaranya: kereta api, angkutan antar jemput (travel) dan bus.
 
Seiring kemajuan teknologi saat ini juga mempengaruhi perkembangan moda transportasi, dari terciptanya transportasi konvensional hingga munculnya transportasi berbasis online. Transportasi konvensional merupakan jenis transportasi yang diciptakan oleh sekelompok orang melalui suatu kesepakatan bersama tentang ketentuan tarif yang dibebankan kepada konsumen sesuai jarak tempuh dan jenis transportasi yang digunakan, dengan sistem transaksi tanpa menggunakan sistem teknologi. 

Dalam penerapannya transportasi konvensional dinilai kurang memberikan kenyamanan kepada masyarakat karena masih terdapat tindakan kirminal didalam transportasi konvensional, harga yang ditawarkan terlalu tinggi, dan masih banyak kendaraan yang kurang layak untuk digunakan. Sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi,
 
Pada tahun 2015 terjadi perkembangan layanan transportasi berbasis online. Transportasi online merupakan angkutan umum yang biasa digunakan namun menggunakan aplikasi sebagai penghubung antara pengguna dan pengemudi yang sangat mempermudah pemesanan, selain itu tarif yang ditawarkan bisa langsung dilihat pada aplikasi tersebut. transportasi online menyediakan kendaraan yang layak untuk para penumpang sehingga penumpang lebih merasa aman dan nyaman atas pelayanan transportasi online dan harga yang ditawarkan lebih terjangkau.
 
Masyarakat yang memilih transportasi konvensional sebesar 43% karena mudah ditemukan, praktis, dan lebih terpercaya. Sedangkan 57% masyarakat memilih transportasi online dikarenakan layanan terjamin, lebih murah, dan tarif ditentukan di awal pemesanan. Semua kemudahan dan kenyamanan yang diberikan oleh transportasi online menimbulkan persaingan antara jasa transportasi online dan konvensional, (Nunung Suryani,)
 
Untuk mempertahankan keberadaan transportasi tersebut dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul yang memiliki kemampuan lebih dari pesaing dan selalu berorientasi terhadap tujuan perusahaan. dengan itu perusahaan penyedia jasa transportasi dituntut untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dengan memberikan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, selain itu sumber daya manusia di bidang transportasi juga harus memiliki kompetensi seperti :

prima fisiknya, profesional kerja dan disiplin, patuh terhadap aturan -- aturan yang berlaku. (Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia,2017)
 
Dalam menghadapi persaingan bisnis jasa transportasi PT.Primajasa telah mempersiapkan strategi untuk sumber daya manusianya agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Berdasarkan hasil wawancara dengan HRD di PT.Primajasa, strategi yang ditetapkan oleh PT.Primajasa untuk karyawannya yaitu dengan memberikan pembinaan dari kepala wilayah, memberikan pelatihan, dan karyawan dituntut untuk selalu update terhadap suatu informasi yang baru.

Strategi tersebut disiapkan oleh PT.Primajasa dalam menghadapi persaingan sehingga sumber daya manusia memegang peranan penting dalam melaksanakan tujuan perusahaan.

PT.Primajasa merupakan perusahaan bisnis yang berhubungan langsung dengan konsumen sehingga karyawan dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen. PT.Primajasa memiliki standar kerja yang harus di patuhi oleh karyawan seperti kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris, penampilan, mahir dalam menggunakan komputer, dan mengikuti pelatihan kerja (training) selama 3 bulan. Hal ini akan membuat karyawan dituntut untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada konsumen.
 
Persyaratan Untuk Calon Karyawan
 
Untuk Calon Karyawan
Persiapan mental, akademik, bisa menggunakan komputer, jago berkomunikasi dengan baik.
 
Untuk Supir
Wajib mempunyai SIM ambilnya B2 umum, B1 umum, Pengalaman bekerja minimal 1 tahun.
 
Tiketing Pemasaran
Akademik minimal D1 dan SMA sederajat dan harus menguasai cara bicara dengan bahasa yang benar.
 
Kompetensi Karyawan Primajasa
Mayoritas karyawan disini minimal SMA sederajat, karyawan disini semuanya mampu bekerja dengan baik sesuai dengan bidang yang mereka mumpuni.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun