Mohon tunggu...
Ign Joko Dwiatmoko
Ign Joko Dwiatmoko Mohon Tunggu... Yakini Saja Apa Kata Hatimu

Jagad kata

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tanaman Hias 2021: Lidah Mertua dan Aneka Manfaatnya bagi Kesehatan

14 Januari 2021   22:37 Diperbarui: 15 Januari 2021   06:26 175 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanaman Hias 2021: Lidah Mertua dan Aneka Manfaatnya bagi Kesehatan
tanaman lidah mertua (kompas.com)

Pernahkah  anda  senewen terutama mantu perempuan,sering mendengar kesan  lidah mertua , tajam dan sering terdengar nyelekit. Tapi tidak semua mertua sering mengomel, apalagi sering bersilat lidah tentang masakan kesenangan anaknya. Lidah mertua yang ini lain, hanya perlu dirawat dan dipelihara dengan penuh cinta. Dia adalah tanaman hias yang diperkirakan menjadi tren tanaman hias 2021.

 Sebenarnya bagaimana sih cara mendapatkan tanaman lidah mertua itu.  anda bisa mencarinya di toko tanaman untuk taman yang ada di dekat kota anda . Sekarang ini memperindah pekarangan rumah dengan tanaman itu seperti sebuah kegiatan rutin, sebab aktivitas pekerjaan di masa pandemi itu lebih banyak dihabiskan di rumah. 

Tentunya rumah harus menjadi tempat nyaman melepas stres dari rutinitas yang menjemukan. Mau tidak mau tangan harus bergerak, mengelola halaman rumah itu kalau ada halamannya, kalau punya cukup ruang untuk berkebun asyik bisa membuat rumah menjadi hijau.

Merawat tanaman hias itu sebuah solusi, sebuah kegiatan yang mampu membuat aktivitas di rumah lebih menyenangkan. Kembali tentang tanaman lidah mertua, bentuknya mirip pedang, bisa ditanam di tanah juga bagus ditanam di pot. Tanaman ini sebetulnya sudah lama menjadi tanaman hias di rumah. Di kampung saya di Magelang ibu saya sering menanamnya di depan halaman rumah. Perawatannya tidak ribet dan mudah tumbuh meskipun di area cukup kering. Sekarang tanaman lidah mertua digemari lagi sebagai tanaman favorit para pekebun dan kolektor tanaman hias.

lidah mertua dengan jenis lebih gemuk (kompas.com)
lidah mertua dengan jenis lebih gemuk (kompas.com)
Menurut beberapa referensi yang saya baca bahwa tanaman lidah mertua itu bisa mencegah menjalarnya kanker. Lidah mertua itu baunya cukup menyengat(kalau diremas). Namun manfaat getahnya mampu membuat sel kanker tidak berkembang. Caranya, satu helai daun lidah mertua itu diremas - remas, lalu air perasannya dioleskan ditempat yang diperkirakan muncul gejala kanker seperti di ketiak, atau di tempat lipatan- lipatan tubuh. Atau ketika ada benjolan di payudara bisa dioleskan di sekitar payudara.

Daunnya sekali lagi mirip pedang. Ditengah warna hijau lumur dan ada bercak- bercak putihnya, dan di bagian pinggir daun warnanya lebih muda dari daun yang ada ditengahnya. Mengapa tanaman lidah mertua menjadi tren tanaman hias sedangkan variasinya daun tidak sebagus tanaman lain seperti, Aglonema lipstick yang kemerah - merahan seperti warna lipstick. Menurut beberapa pakar lingkungan tanaman lidah mertua dapat membuat udara menjadi lebih segar. Mereka yang hidup di kota dapat menanamnya di pot dan menjadi perhias interior.

Berikut manfaat lidah mertua yang perlu diketahui pembaca:

1. Lidah Mertua dapat mengurangi polusi baik di dalam maupun di luar ruangan. Lidah mertua bisa mentolerir sedikit cahaya matahari yang menembus ruangan. Tanaman itu bisa hidup meskipun asupan cahaya mataharinya hanya sedikit. Tanaman lidah mertua dapat menyerap racun yang ada di dalam ruangan yang sebetulnya sama berbahayanya dengan polusi di luar.

2.  Tanaman lidah mertua menurut penelitian yang berasal dari Harvard mengatakan bahwa lidah mertua atau nama latinnya sansevieiria zeylanica adalah tanaman yang paling banyak menghasilkan oksigen. Dengan oksigen melimpah tentu menjamin kesehatan dan kesegaran udara di luar maupun dalam ruangan. Oksigen akan menetralisik gas karbondioksida yang banyak terdapat dilingkungan kota yang polusi udaranya cukup tinggi.

3. Sudah sedikit saya singgung bahwa Lidah buaya bisa menjadi obat kanker. Menurut bacaan dan referensi yang akurat ada beberapa kandungan zat yang terdapat di tanaman lidah mertua. Tanaman ini bisa mencegah atau menetralisir kandungan  benzene, formaldehida, xilen dan toluene. Tentunya tanaman ini menjadi pilihan efektif untuk mencegah munculnya kanker dalam tubuh.

4. Penyerap karbondioksida malam hari . kemampuan untuk menyerap CO2 dari lidah mertua terbukti mampu memberi jaminan bahwa tanaman lidah mertua selain bermanfaat sebagai tanaman hias juga sangat bermanfaat untuk memberikan jaminan kualitas udara terutama di malam hari yang seringkali banyak menghasilkan gas karbondioksida karena biasanya banyak tanaman yang akan mengeluarkan CO2.

5. Tanaman lidah mertua juga dapat dikatakan bisa menyerap radiasi yang timbul dari barang - barang elektronik yang ada di rumah. Dengan meletakkan daun lidah mertua di dalam ruangan maka bisa menetralisir radiasi yang disebabkan oleh getaran halus dari gawai, televisi, dan barang elektronik lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x