Mohon tunggu...
Ign Joko Dwiatmoko
Ign Joko Dwiatmoko Mohon Tunggu... Guru yang terpanggil untuk berbagi tulisan

Jagad kata

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Yang Sederhana Menurutmu Itu Tidaklah Sesederhana bagi Mereka

21 November 2019   15:13 Diperbarui: 23 November 2019   01:30 0 14 5 Mohon Tunggu...
Yang Sederhana Menurutmu Itu Tidaklah Sesederhana bagi Mereka
kata sederhana itu relatif (instagram.com/sarwendah29)

Apa sih sebenarnya definisi sederhana itu? Pernah masuk ke restoran padang dengan nama sederhana? 

Menurut beberapa orang yang pernah mengemukakan pendapatnya tentang kesederhanaan banyak hal yang bisa dibilang bahwa definisi sederhana tidak sesederhana yang digambarkan orang. 

Beberapa hari ini konsep hidup sederhana mengemuka lagi ketika Kapolri Jendral Idham Aziz menyatakan anggota Polri harus hidup sederhana dan tidak memamerkan kemewahan.

Boleh jadi makan di restoran dengan kibaran nama "Sederhana" justru terkesan mewah. Sederhana menurut orang Padang mungkin seperti restoran Padang yang menurut saya termasuk restoran Padang kelas atas. 

Sekali pesan bisa mengeluarkan kocek ratusan ribu. Pesta sederhana ala Orang Jawa mungkin beda dengan sederhananya pesta orang Batak atau NTT.

Maka saya katakan sederhana itu tergantung siapa yang bicara. Tetapi yang umum dipahami pengertian sederhana itu adalah yang tidak neko- neko. Jarang memperlihatkan kemewahan dengan sering menggelar pesta, nongkrong di mal, setiap hari hanya makan seadanya, tidak suka shopping atau menghadiri pesta-pesta sosialita.

Kadang pernyataan hidup sederhana itu sebuah sindiran, atau malah ejekan pada orang-orang yang setiap hari bisa makan daging sekali seminggu saja susah. 

Kadang sederhana itu datang dari orang-orang yang terbiasa hidup dalam kemewahan dan tiba-tiba mengalami musibah sehingga ia tidak bisa lagi hidup dalam dunia sebelumnya yang glamour. 

Ia berusaha mengubah kebiasaan untuk hidup lebih ngirit dan banyak orang menganggap ngirit itu sama dengan sederhana.

Sederhananya gambaran kehidupan di sinetron tetap saja mewah bagi yang melihatnya. Sederhananya Bill Gates tetap tidak sama dengan orang kebanyakan. 

Makanya standar bagi setiap orang menurut saya adalah jika digambarkan sebagai besar pasak daripada tiang. Besar pengeluaran daripada pendapatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN