Mohon tunggu...
Ign Joko Dwiatmoko
Ign Joko Dwiatmoko Mohon Tunggu... Guru yang terpanggil untuk berbagi tulisan

Jagad kata

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Jejak Digital dan Digital Tanpa Jejak

15 Oktober 2019   09:55 Diperbarui: 15 Oktober 2019   23:35 0 5 3 Mohon Tunggu...
Jejak Digital dan Digital Tanpa Jejak
ilustrasi tentang jejak digital: bernas.id

Judul teraneh yang pernah penulis tulis. Sebetulnya tidak tahu juga artinya tapi baiklah naluri penulis mengatakan pasti ada sesuatu yang tersembunyi yang akhirnya terkuak. 

Jejak digital menurut pengetahuan yang pernah penulis baca adalah jejak data yang muncul ketika seseorang menggunakan internet. 

Mengenal Jejak Digital Aktif dan Pasif
Bentuk dari jejak digital bermacam- macam ada yang berasal dari email yang dikirim, setoran tulisan ke media sosial baik berupa cuitan di twitte maupun posting, like atau memberi komentar di media sosial. Jejak digital sendiri terbagi menjadi dua yaitu jejak digital aktif dan pasif.

Jejak digital pasif adalah jejak digital yang ditinggalkan secara tidak sengaja atau tanpa sadar oleh pengguna  ketika berselancar di dunia maya. Contohnya ketika mengunjungi sebuah situs. 

Jejak digital aktif adalah data  atau informasi  yang dengan sengaja diunggah oleh seseorang  ke dunia maya. Mengirimkan email adalah salah satu contoh dari jejak digital jenis ini. 

Jejak digital yang paling populer tentulah blog dan media sosial. Jika mereka yang aktif bermedia sosial selalu update status dan selalu menulis baik di facebook, instagram, twitter.

Penulis kompasiana termasuk yang paling banyak menyimpan jejak digital. Setiap posting kalau melihat di insta story, nge-klik google akan terlihat jejak tulisan-tulisan yang sudah diposting di platform blog tersebut. 

Jika narsis dan sok- sokkan terkenal jika penulis mengetik namanya sendiri tentu akan muncul jejak digital tulisan- tulisan yang diposting maupun gambar berderet muncul di google search. 

Jejak digital penulis di dunia maya saat ini memberi keuntungan dan kerugian. Keuntungannya salah satunya adalah nama penulis menjadi terkenal. Tulisan- tulisan di blog bisa menjadi referensi dari mereka yang butuh informasi spesifik. 

Jutaan informasi  di klik di Google. Banyak informasi yang muncul dari artikel- artikel blog entah blog pribadi maupun platform blog seperti Kompasiana.

Dari jejak Digital Ke Bisnis Tulisan
Menjadi penulis di blog kalau sudah terkenal dan dikenali rekam jejaknya bisa mengembangkan kemampuannya dengan menerima job dari perusahaan-perusahaan yang butuh artikel, review produk, ghost writer, penulis konten, mengajukan diri untuk menjadi penulis skenario film atau sinetron atau membuat jingle iklan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x