Mohon tunggu...
Ign Joko Dwiatmoko
Ign Joko Dwiatmoko Mohon Tunggu... Guru yang terpanggil untuk berbagi tulisan

Jagad kata

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Anggota DPR Tidak Berpendidikan Tinggi Memang Masalah?

9 Oktober 2019   22:17 Diperbarui: 9 Oktober 2019   22:28 0 10 6 Mohon Tunggu...
Anggota DPR Tidak Berpendidikan Tinggi Memang Masalah?
Mulan Jameela Salah Satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang terpilih. (foto: tribunnews.com)

Di media sosial apa saja masalah bisa diperdebatkan, bisa digoreng hingga menjadi heboh dan viral. Ya itulah kenyataan yang terjadi. Kadang banyak yang heboh hanya karena berita yang tidak substansial dengan masalah- masalah besar negeri ini. 

Lalu apa isu yang muncul saat ini yang mendapat perhatian netizen dan orang- orang yang gatal ingin mengupas tuntas masalah -- masalah politik terutama.

Apakah Penting membahas Masalah Latar Belakang Pendidikan Anggota DPR?

Penulis mencatat masalah pendidikan anggota DPR. Mulan Jameela yang artis, Juga Kris Dayanti dipertanyakan kredibilitasnya karena hanya berpendidikan SMA. Memang masalah? 

Banyak netizen merasa bahwa keterpilihan mereka sebuah kecelakaan.Loh kok bisa? Ya itulah para pemilihlah yang terbutakan oleh sosok yang sudah dikenal publik saja. 

Mulan Jameela istri Ahmad Dhani memang terkenal tetapi mengapa penduduk memilihnya. Bukankah menjadi wakil rakyat itu tidak cukup hanya pintar bersuara dan menyihir penonton untuk terperangah mendengar aksinya. Apakah Mulan mempunyai kapasitas sebagai wakil rakyat.

Penulis pikir masyarakat tidaklah betul- betul salah. Banyak pemimpin, birokrat dan mereka yang sebetulnya kapabel sebagai wakil rakyat tidak mau maju sebagai wakil rakyat. 

Rakyat sendiri juga merasa asing dengan calon- calon yang rekam jejaknya saja tidak dikenal. Makanya kebetulan di tivi tivi muncul sosok familiar sering menyanyi sering berdialog secara interaktif lewat layar kaca hingga mereka merasa yang dilihat di tivi itulah yang rasanya bisa mewakili suara mereka. 

Politisi yang mempunyai latar belakang yang cocok untuk menjadi wakil rakyat sendiri merasa minder karena era digital ini, di mana kekuatan media mampu mempengaruhi massa melihat dengan frustrasi bahwa percuma maju sebab siapa sih mereka dibandingkan dengan artis yang sudah dikenal secara nasional.

Banyak artis melenggang mulus karena sudah mempunyai modal dasar yaitu menjadi public figure. Mereka bisa memanfaatkan popularitas mereka untuk menjadi pesohor, wakil rakyat yang gaji dan tunjangannya waooow. 

Tidak semua artis mempunyai kekurangan pengetahuan menyangkut ilmu politik. Bahkan ada artis yang gelarnya saja dobel dan mempunyai rekam jejak pendidikan yang mengagumkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x